Kolom Joni H. Tarigan: DISINGKIRKAN?

0
153

joni hendra tariganSaya juga salah satu pengagum bapak yang merupakan keturunan Arab – Yaman ini. Baswedan merupakan nama warisan nenek moyangnya yang berasal dari Yaman. Kata-katanya yang santun, dan juga berbagai macam terobosan yang pak Anis lakukan baik sebelum dan juga saat menjabat sebagai menteri.

Apa yang menjadi perhatian saya adalah bukan tentang bergantinya posisi menteri pendididkan ini. Yang menjadi perhatian saya adalah, mengapa orang memilih mengatakan Pak Anies Baswedan disingkirkan oleh Presiden RI, Joko Widodo?

pemain gantiKita tentu masih ingat ketika Evan Diman memperkuat Tim AFC – U17 Indonesia. Apakah pelatih pernah mengganti Evan Dimas, dan memainkan pemain cadangan? Tentu saja pelatih melakukannya. Mungkin ini juga sama halnya, bagaimana presiden melihat kekuatan timnya. Kekuatan menteri-menterinya untuk mewujudkan Indonesia yang lepas landas, memanfaatkan bonus demografi 2025-2040.

Kita kadang menilai hidup ini menjadi : menang atau kalah : baik atau buruk”. Ketika kita mengatakan Pak Anies Baswedan disingkirkan, maka mungkin itulah tandanya bahwa kita merasa hidup ini hanya dua sisi mata uang; kalau tidak sisi yang satu ya sisi sebaliknya. Kita mungkin otomatis menyimpulkan ya karena tidak menjabat lagi, ya itu artinya disingkirkan alias kalah.

Mata uang itu jika dipandang dari 3 dimensi, maka tidak hanya dua sisi, tetapi sudah menjadi tiga sisi. Depan, belakang, dan ketiga adalah sisi pinggir. Artinya hidup kita ini tidaklah perihal baik atau buruk saja, menang atau kalah saja. Kita masih punya  tempat menilai suatu keadaan. Saya tidak akan melihat Pak Anies disingkirkan, akan tetapi saya melihat bahwa Pak Anies ditugaskan melakukan hal yang lain.




Menteri baru saja begitu bersahabat dengan pak Anies, mengapa kita menilai disingkirkan? Apalagi kita belum melihat kinerja menteri yang baru. Jangankan melihat kinerja menteri yang baru, jangan- jangan riwayat hidup menteri baru saja belum kita cari tahu. Lantas, bagaimana kita menilai mengenai disingkirkan atau tidak?

Saya meyakini pemerintah sedang bekerja keras untuk masa depan NKRI yang lebih baik. Keyakinan ini membuat saya menyusun berbagai rencana untuk ambil bagian dalam kapal NKRI menuju lepas landas. Keyakinan ini juga memberi energi yang besar untuk tetap berjuang menjadi berguna bagi orang lain.

Apapun yang terjadi, saya meyakini sesuatu yang harus dipelajari, dan semoga dengan bijak mengambil keputusan untuk melakukan hal yang lebih baik. Saya berharap  agar saya tidak menemukan diri saya tidak memiliki keyakinan, dan tidak melakukan apa-apa.

Salam semangat dan perjuangan,




Leave a Reply