Pemadaman Terus Dilakukan di Gunung Sipiso-piso

0
93

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. MEREK.  pihak TNI- Polri dan tim Dinas Kehutanan Manggala Adi Sibolangit terus berupaya memadamkan api di kawasan hutan Gunung Sipiso-piso (Kecamatan Merek, Kabupaten Karo)  yang terbakar dari mulai kemarin sore [Minggu 21/8] hingga siang tadi [Senin 22/8].

Sumber air jauh dari lokasi kebakaran serta medan yang cukup sulit membuat upaya pemadaman api sempat terhambat. Upaya pemadaman terus dilakukan dari pihak Dinas Kehutanan Kabupaten Karo dan Manggala Abdi Sibolangt (Kementrian Kehutanan) dibantu oleh TNI – Polri serta warga setempat.

Sipiso-piso 7Kebakaran hutan Gunung Sipiso-piso kerap terjadi di musim kemarau seperti saat ini. Ini dikarena ilalang yang berada di kawasan hutan ini mudah tterbakar dan api  gampang merembet ke seluruh penjuru di kawasan hutan Gunung Sipiso-piso ini.

Medan yang cukup sulit dijangkau serta jauhnya sumber air untuk memadamkan api sempat mempersulit proses pemadaman api yang terus merembet dan membakar kurang lebih 70% kawasan hutan Sipiso-piso yang terjadi pada Minggu sore hingga Senin sore tadi.

Sampai saat ini, belum diketahui asal api yang membuat hutan di kawasan objek wista ini terbakar. Akibat kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Gunung Sipiso-piso ini diperkirakan menghanguskan ratusan hektar tanaman pinus dan tanaman lainnya yang ada di kwasan  hutan  negara Kecamatan merek ini.








Leave a Reply