Air Terjun Sipiso-piso (Tongging, Danau Toba) Primadona Wisata

0
44

sipiso-piso 4SADA ARIH SINULINGGA. TONGGING. Air terjun Sipiso-piso yang terletak di Desa Tongging (Kecamatan Merek, Kabupaten Karo) merupakan air terjun yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 120 meter. Letaknya di sebelah Utara Danau Toba, tepatnya sekitar 24 Km dari Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo.

Air Terjun Sipiso-piso memiliki pemandangan yang indah dan sungguh mempesona. Diantara tebing yang tampak kehijauan dari perladangan penduduk di atasnya, ,jatuhlah kucuran air yang cukup besar mengalir langsung ke Danau Toba. Keindahan air terjun ini dapat dilihat dari atas dan sekaligus dapat memandang hamparan Danau Toba dan Tebing di seputaran Danau Toba.

sipiso-piso 5Menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan ini seakan sulit meninggalkannya seperti layaknya seorang pemuda hendak meninggalkan gadis pujaan hati di kampung halaman. Kerinduan yang teramat sehingga setiap orang ingin kembali menjenguknya setiap saat.

Air Terjun Sipiso-piso yang mengalir deras ini, yang di seputarnya terdapat dataran subur ditanami tumbuhan dan dereten pebukitan pegunungan ini, merupakan icon wisata Kabupaten Karo di seputar Danau Toba. Ini layak di kelola sebaik mungkin dengan membangun sarana prasarana yang menunjang serta dikelola secara profesional oleh Pemkab Karo.

Perparkiran yang memadai dan terhindar dari pungli perlu diwujudkan agar pengunjung merasa nyaman berkunjung di belahan Bumi Turang Taneh Karo Simalem ini.

Bujur ras Mejuah-juah kita kerina.








Leave a Reply