Nggunturdebu vulkanik 2NGGUNTUR PURBA. BERASTAGI. Erupsi Gunung Sinabung disertai luncuran awan panas sejak kemarin dulu [Selasa 23/8: Malam] hingga siang tadi [Kamis 25/8] mulai berdampak buruk bagi tanaman sayur mayur di Berastagi.

Saat ini, debu yang menyelimuti tanaman sayur mayur mulai merusak  tanaman dan petani terancam gagal panen.

Aktifitas Sinabung yang masih mengalami peningkatan saat ini membuat hujan debu vulkanik masih terus terjadi. Debu vulkanik yang menyelimuti sejumlah kecamatan di Kabupaten Karo mulai berdampak buruk bagi tanaman sayur mayur.

Petani sayur di Berastagi sangat khawatir karena terancam merugi oleh karenana. Menurut para petani yang ditanyai Sora Sirulo di sekitar Berastagi, debu vulkanik mulai terlihat merusak tanaman mereka.




“Tanaman-tanaman kita nampak mulai rusak. Ujung-ujungnya nanti gagal panen atau tidak sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya,” kata Harianto  Sembiring.

Erupsi Sinabung yang disertai luncuran awan panas dalam beberapa hari belakangan ini memang sambung menyambung sehingga tidak ada waktu bagi tanaman tanpa debu vulkanik. Daerah paling parah mengalami dampak demu vulkanik ini adalah beberapa desa di Kecamatan Berastagi.




Leave a Reply