Jebta B. SitepuJEBTA B. SITEPU. MEDAN. Lamanya erupsi Gunung Sinabung serta masih begitu banyaknya warga sekitar Gunung Sinabung yang masih mengungsi menggerakkan hati sebuah komunitas di Medan melakukan aksi bakti sosial. Komunitas itu bernama Sahabat Karo Medan (SKM) yang diketuai oleh Anton Ginting. Aksinya kali ini adalah mengantarkan bantuan kepada pengungsi di Posko Pengungsian Terung Peren (Kecamatan Tiga Nderket) [Minggu 21/08].

“Sahabat Karo Medan melakukan aksi sosial untuk membantu saudara-saudara yang berada di pengungsian Terung Peren. SKM sangat prihatin dengan lamanya erupsi ini terjadi. Sedikit bantuan kami semoga berarti,” kata Anton Ginting saat bincang-bincang dengan Sora Sirulo di Medan kemarin [Kamis 25/8].

SKMSelama di posko pengungsian, SKM membuat beberapa kegiatan, diantaranya adalah perlombaan-perlombaan menyemarakkan kemerdekaan serta pada akhir acara SKM mengajak menari bersama dan mengajarkan “Landek Morah-morah”.

“SKM ini anggotanya adalah pemuda pemudi Karo yang bangga akan budayanya. SKM sebisa mungkin belajar budaya Karo agar pengetahuan akan budaya semakin bertambah. Yang sudah kami pelajari, kami ajarkan lagi kepada adik-adik kami,” lanjut Anton.

Pada Kesempatan ini, seluruh anggota Sahabat Karo Medan yang berangkat sebanyak 26 orang. SKM memberikan bantuan berupa buku tulis dan susu kaleng.




“Tujuan dari acara ini agar SKM bisa membantu saudara saudara di pengungsian, terutama generasi muda dan menanamkan semangat kepedulian terhadap saudara saudara yang kurang beruntung,” tambah  Admin SKM Anysa beru Tarigan didampingi Noviyanti beru Perangin-angin.

SKM berkantor sekretariat di Jl. Brigjend Katamso No.314B, Medan. Visi SKM menjadikan komunitas untuk membuka pandangan dan wawasan akan budaya Karo. Misinya adalah sebagai wadah generasi muda untuk memahami budaya Karo dalam proses saling belajar untuk melayani dan berbagi kepada sesama.




Leave a Reply