Sinabung Luncurkan Awan Panas Siang Tadi

0
190
erupsi 4
Berastagi dipenuhi lumpur debu vulkanik siang tadi. Foto: RIKWAN SINULINGGA.

NggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Setelah sempat tertutup kabut tebal, Gunung Api Sinabung siang tadi  [Jumat 26/8] kembali terlihat jelas saat meluncurkan awan panas dengan jarak luncuran  kurang lebih 4.000 meter ke arah Timur Tenggra. Hujan kerikil kecil sempat terjadi di Desa Naman yang sempat membuat warga panik setelah Sinabung luncurkan awan panas besar.

Sinabung secara visual terlihat jelas saat menunjukan aktivitas luncuran awan panas pada Pukul 11:35  WIB hari ini. Kepanikan warga Naman bisa dimengerti karena luncuran awan panas kali ini tergolong besar. Menurut warga, hujan kerikil sudah lama tidak terjadi hingga hari ini desa mereka dihujani lagi dengan kerikil.

Semburan debu vulkanik kembali mengarah ke bagian Timur dan Timur Laut sehingga  beberapa kecamatan seperti Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Berastagi kembali diguyur hujan debu tebal siang tadi.

Menurut data dari pihak pos pemantauan Gunung Api Sinabung, luncuran awan panas yang terjadi pada siang  mencapai kurang lebih 4.000 meter ke arah Timut Tenggara dengan durasi luncuran mencapai kurang lebih 445 detik. Akitifitas kegempaan yang saat ini masih teramati menujukan potensi luncuran atau guguran awan panas masih bisa terjadi kapan saja saat ini.




Leave a Reply