Masyarakat Antusias Terima Bibit Jagung dari Pemerintah

0
100

B. KurniaB. KURNIA PP. TIGABINANGA. Dalam pertemuan antara Pemkab Karo dan masyarakat petani di Tigabinanga beberapa hari lalu [Selasa 23/8], Plt. Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karo (Munarta Ginting SP) mengatakan, pemberian bantuan bibit jagung didasarkan pada survey yang dilaksanakan oleh petugas PPL Pertanian dalam memenuhi kebutuhan petani jagung lokal untuk beberapa kecamatan seperti Tigabinanga, Juhar, Lau Baleng dan Mardingding.

“Petani memakai bibit jagung NK22 produk Syngenta. Tahap pertama telah diserahkan keseluruhannya sebanyak 15 kg/ ha,” kata Munarta.

Pihak Munarta telah melaporkan hal ini kepada Bupati dan Wakil Bupati Karo di ruang kerjanya sebelum ke lapangan. Mereka melaporkan keadaan sebenarnya adalah bahwa masyarakat sangat antusias menerima bantuan bibit. Memang diakuinya akan adanya unsur provokasi dari oknum-oknum yang tidak senang akan keberhalisan program pengembangan tanaman jagung di Kabupaten Karo.

“Pihak kami berupaya memenuhi sebagaimana yang diinginkan para petani dengan harapan produk jagung Kabupaten Karo boleh terdongkrak. Contohnya, sesuai permintaan petani, agar bibit yang disalurkan dalam kemasan satu kg dibarengi label ‘Tidak Diperjualbelikan’ agar mudah dibagikan kepada warga dan hanya satu jenis kemasan bibit bantuan untuk mempermudah memantau penggunaan di lapangan,” sambung Munarta yang diamini Michael dan Sandy Sudarto.




Leave a Reply