Hujan di Jawa, Kemarau di Sumatra

0
95

Lazialita Maria EmmyLAZIALITA M. EMMY. BEKASI. Seperti biasanya, pagi ini [Rabu 31/8] sangat cerah dan terang. Matahari mulai bangun dan beranjak dari tempat peraduannya ke atas langit. Cahayanya yang terang menyapu seluruh bumi yang terkena cuaca pagi. Tapi, seperti biasanya juga, sudah bisa dipastikan bahwa nanti siang ini Pkl. 14.00 WIB turun hujan di daerah Bekasi dan sekitarnya.

Beberapa minggu belakangan ini, hampir setiap hari seperti itu. Mungkin ini pertanda musim sudah tidak beraturan, hujan dan panas datang silih berganti tanpa bisa diprediksi lagi.

Mungkin di daerah lain di Indoneisa sedang mengalami kekeringan karena belum turun hujan. Contohnya di desa Suka dan sekitarnya (Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo). Menurut penuturen Bu Umum Br Tarigan melalui selular, Desa Suka dan sekitarnya sudah lama dilanda kekeringan. Warga setempat sangat menantikan turunnya hujan karena musim kemarau juga sangat berpengaruh buruk bagi cocok tanam mereka di sana.




Hal ini bertolak belakang dengan Kota Bekasi dan Jakarta yang hujan terus menerus, apalagi Jakarta yang sudah mulai dilanda banjir d ibeberapa tempat. Tentunya, semua ini dipengaruhi oleh perubahan drastis cuaca secara global yang disebabkan oleh aktivitas manusia di bumi dan pergeseran bagian-bagian bumi.

Mestinya, kita tetap sadar untuk melestarikan alam. Memanfaatkan sumber daya alam sambil menjaga kelestariannya. Supaya bumi bisa terjaga dengan baik, memberikan kebutuhan kita dengan baik dan cuaca bisa diprediksi lagi seperti dulu.




Leave a Reply