Sirulo ke Sabang 4: Bunker Jepang Banda Aceh

0
198

Laporan: Boy Syahputra Surbakti (Banda Aceh)

 

Bunker 1Sabang merupakan area strategis bagi Jepang ketika Perang Dunia II pecah. Sabang dijadikan basis pertahanan militer dan pusat komunikasi di Selat Malaka. Hal ini terbukti dengan peninggalan-peninggalannya. Salah satunya adalah Bunker Jepang. Lokasinya berada di antara Pantai Sumur Tiga dan Pantai Anoi Itam.

Daerah bernilai sejarah ini tergolong kurang diminati pengunjung dibanding dengan destinasi pantai yang tersebar di Sabang. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab. Akses menuju Bunker Jepang tergolong kurang terawat dan jarang dikunjungi.

Padahal, sahabat traveler Sirulo akan menjumpai pemandangan yang sangat menawan dengan hamparan pulau serta laut yang membentang luas. Terlebih untuk menikmati lokasi ini anda tak harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Bunker ini dulunya digunakan sebagai pos-pos pengintaian untuk mengantisipasi Bunker 3serangan musuh dari arah laut lepas. Berdasarkan informasi warga setempat, bunker tersebut memiliki terowongan bawah tanah menuju Bukit Layang yang menjadi lokasi pusat komando pasukan Jepang.

Cukup miris mengingat nilai sejarah yang dimiliki lokasi ini dan pesona alamnya yang luar biasa namun tetap tidak menjadikannya salah satu lokasi favorit pengunjung. Bahkan, menurut warga, pengunjung asinglah yang lebih sering mengunjungi tempat ini.

Bagi sobat traveler Sirulo yang hendak berkunjung ke Sabang, ada baiknya kita berwisata sambil menimba ilmu dengan mengunjungi lokasi Bunker Jepang ini. Tetap ingat untuk menjaga sikap dan tingkah laku selama berlibur di Sabang, ya….

Klik foto-foto untuk ukuran besar.




bunker 6bunker 5

bunker 4



Leave a Reply