Harga Kerbau di Tigapanah Hari Ini

0
515

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. TIGAPANAH. Hari ini [Selasa 6/9] adalah hari pekan ternak Tigapanah. Terlihat banyak lembu remaja diperdagangkan di sini untuk konsumsi Hari Raya Kurban (Idul Adha). Namun, seperti biasanya, terlihat juga diperdagangkan lembu untuk pasar daging sehari-harinya serta kerbau.

Akhir-akhir ini, pasar kerbau di Indonesia umumnya dan di Tanah Karo khususnya sangat diarahkan oleh kebutuhan yang berlipat ganda dari Banua Toraja. Di sana, sering diadakan upacara penguburan yang membutuhkan persembahan banyak kerbau dari handai tolan.

kerbau 3
Pasar ternah Tigapanah hari ini

Mereka tidak membelinya langsung ke peternak maupun pasar-pasar tradisional di daerah. Ada di daerah pedagang-pedagang yang khusus menampung kerbau yang biasanya dipilih untuk menjadi persembahan di upacara ritual pemakan jenazah di Banua Toraja.

Seperti yang terpantau oleh Sora Sirulo hari ini di Pasar Ternak Tigapanah, pedagang antara mengincar kerbau-kerbau yang diperhitungkan laku dijual ke Banua Toraja. Mereka beli kerbau-kerbau itu dan mereka pelihara sebagai stock simpanan hingga tiba saatnya mengirimnya ke Banua Toraja dalam jumlah besar. Jaringan perdagangan kerbau seperti ini telah meningkatkan harga jual kerbau di Taneh Karo.

Hari ini, harga kerbau per ekor di Tigapanah berkisar antara Rp. 15 – 30 juta, terganung besar kecilnya ternak.




Leave a Reply