Idul Adha Menjelang, Harga Calon Lembu Qurban Melonjak

0
799
lembu 10
Lembu berharga Rp. 13 juta/ ekor

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. TIGAPANAH. Hari Raya Haji (Idul Adha) atau disebut juga Hari Raya Qurban masih seminggu lagi, tapi sudah mulai terasa menjelang di Tiga Kerbo (Pasar Ternak) Tigapanah, Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung). Harga lembu per ekornya melonjak di psar ternak ini.

Tergantung pada besar-kecilnya ternak lembu dan kelayakannya menjadi ternak qurban, harga per ekornya bervariasi antara Rp. 12 – 15 juta. Ini artinya ada lembu yang berharga Rp. 12 juta ada juga yang Rp. 13 juta, 14 juta dan Rp. 15 juta. Kelayakannya dilihat dari jumlah pusaran bulunya (piser), bentuk tanduk, keelokan dan daya tariknya untuk dipandang.

lembu 11
Lembu non qurban yang harga pembukanya adalah Rp. 25 juta/ ekor.

Usia lembu-lembu yang dicari untuk qurban rata-rata sedikit di atas 1 tahun tapi tidak setua lembu yang diperdgangkan untuk memasok daging ke pasar-pasar daging di Kabupaten Karo maupun Medan sekitarnya.

Meningkatnya permintaan terhadap lembu qurban berpengaruh kecil kepada kenaikan harga ternak lembu untuk pasar daging, meskipun tidak sangat melonjak dan bahkan ada pasang surutnya. Ini memperlihatkan bahwa sebagian peternak memang merancang ternak lembu mereka untuk dijual saat menjelang Idul Adha sebagai qurban.

Sebagai perbandingan, harga daging lembu nomor 1 di Pasar Kabanjahe adalah Rp. 100 ribu/ Kg, sedangkan di Medan untuk daging yang sama Rp. 120 ribu/ Kg.








Leave a Reply