Sirulo TV: Wisata Alam dan Konservasi Gajah Tangkahen

0
147

Laporan Boy Syahputra Surbakti dari Langkat

tangkahen-6Sumatera Utara memang menjanjikan berbagai keindahan alam, flora dan keragaman fauna. Salah satu tempat yang menyajikannya semua sekaligus adalah Konservasi Gajah di Langkat, tepatnya di Eko Wisata Taman Nasional Gunung Leuser.

Dengan waktu tempuh 3.5 jam dari Kota Medan, Tangkahen dapat diakses dengan berbagai jenis kendaraan darat bahkan sepeda motor matic.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan yang sedikit memperihatinkan pada saat mendekati lokasi konservasi ini. Persiapkan kendaraan dengan baik untuk mengurangi kondisi yang tak diinginkan, mengingat medan yang cukup berat. Semua usaha akan terbayar setelah sampai di lokasi konservasi yang menyajikan pemandangan alur sungai yang membentang dan jernih.

Gajah-gajah di lokasi ini juga ramah kepada pengunjung.

tangkahen-5Lokasi konservasi ini merupakan satu-satunya di Asia yang menyediakan paket wisata berkeliling hutan dengan menggunakan gajah. Harga per jam yang dapat anda tebus adalah Rp. 250.000.

Untuk urusan konsumsi anda dapat menebusnya dengan harga yang bersahabat. Anda akan disambut dengan senyum ramah dari penduduk sekitar Tangkahen yang mayoritas adalah Suku Karo sehubungan daerah ini memang wilayah ulayat tradisional Karo sejak pre kolonial. Dengan alasan itu pula, untuk urusan penginapan anda akan menemukan berbagai jenis penginapan di sepanjang alur sungai dengan harga yang sangat ekonomis. Mengingat masyarakat Karo dikenal dengan budaya tawar menawar yang dijamin sangat meringankan beban anda selama perjalanan.




Mulai dengan budget Rp. 150.000 per malamnya anda sudah dapat menikmati penginapan yang sangat ramah lingkungan dan dengan berbagai tipe bangunan yang dijamin membuat anda merasa bersatu dengan alam.

tangkahen-4Satu lagi keunikan dari tangkahan yaitu terdapat sumber mata air panas yang terdapat di retakan batu dan menyatu dengan aliran sungai yang jernih dan hampir tidak ada sampah sama sekal.

Terpenting saat melakukan perjalanan ke daerah Tangkahan ini adalah untuk selalu menjaga tutur sapa dan tingkah laku yang sopan karena kebanyakan pengunjung yang datang ke lokasi ini adalah dari mancanegara yang mencari ketenangan di alam bebas. Setiap warga juga akan mengingatkan anda untuk tidak membuat kebisingan yang berlebihan demi menjaga kenyamanan bersama.




tangkahen-7tangkahen-8tangkahen-9





Leave a Reply