Lezatnya Durian Delitua

0
183

imanuel sitepu 3IMANUEL SITEPU. DELITUA. Jika musim durian tiba, Kota Delitua selalu dipenuhi oleh pedagang buah berduri ini. Biasanya, buah durian disuplay oleh pedagang dari Kecamatan-kecamatan Sibiru-biru, Namorambe, STM Hilir dan STM Hulu. Semuanya kecamatan ini terletak di Kabupaten Deliserdang dan merupakan wilayah ulayat Karo Urung Senembah dan Urung Sukapiring.

Ada keistimewaan buah durian dari Delitua. Selain rasanya manis dan lezat, buah durian yang saban hari dijual di pinggir jalan tersebut, jika kena di lidah, juga terasa agak pahit dan seperti mengandung soda.

durian-2Harga ditawarkan juga bervariasi, mulai dari terkecil dengan harga Rp 5 ribu hingga paling besar dengan harga Rp 25 ribu.

“Saya, kalau kepingin makan durian, selalu datang ke Delitua. Kalau Durian yang dijual di Delitua, tidak ada yang tidak enak. Harganya juga murah meriah,” kata A Chun (42) warga Jl. Asia, Medan.

Lanjut dikatakan A Chun, durian yang dijual di Delitua memiliki rasa khas tersendiri. Beda dengan durian yang dijual di tempat lain. Pokoknya terjaminlah kalau yang dijual di Delitua. Kalau dibeli di tempat lain, banyak yang mentah. Ada juga yang diperam dengan karbet.

“Artinya, tidak masak di pokok. Makanya rasa dan aromanya kurang pas,” katanya.




Sementara, menurut Pak Ginting (45) salah seorang penjual durian dadakan ini, dalam sehari, ia bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

“Tapi, kalau malam minggu atau hari besar, bisa memperoleh keuntungan lebih dari segitu. Kadang, kalau kalau pas malam Minggu atau hari besar, harga pembelian juga agak tinggi,” katanya seraya berkata kalau buah durian yang dijualnya tersebut diperolehnya dari Kecamatan Biru-biru.








Leave a Reply