Kolom M.U. Ginting: RUU JASTA

0
131

M.U. Ginting“I look forward to the opportunity for Congress to override the President’s veto, provide these families with the chance to seek the justice they deserve and send a clear message that we will not tolerate those who finance terrorism in the United States,” kata Sen. John Cornyn, R-Texas, CNN. RUU JASTA (Justice Against Sponsors of Terrorism Act) dipelopori oleh Sen. John Cornyn (R) dan seorang senator Demokrat Chuck Schumer dari NY.  

Memang, kalau dipikirkan berapa biaya pemboman WTC itu tak terpikirkanlah besarnya. Harus ada yang membiayai, dan jelas juga Bin Laden tak akan punya uang kontan sebanyak itu, kalaupun orang yang namanya bin Laden itu ada sungguhan (nama Bin Laden sudah dihilangkan pula 2011, mayatnya sudah dibakar dan dibuang ke laut, katanya pula).

vetoYang membikin lebih seru lagi perdebatan ini ialah bahwa The House baru saja dengan suara bulat menyetujui RUU itu dan di Senat juga tak ada oposisi yang signifikan. Obama hari Jumat sudan mengeluarkan veto atas RUU JASTA, dan sudah banyak dibelejeti kebohongan Obama dalam vetonya, a.l. orang bilang kalau simpatinya terhadap korban WTC tidak asli karena dibuat-buat saja. Obama malah dituduh pro Saudi dan pro ISIS. 

Capres Hillary Clinton menyatakan simpatinya lebih meyakinkan terhadap korban WTC dan juga menyatakan kalau RUU itu akan dia tandatangani langsung kalau sampai di mejanya. Begitu juga capres Trump akan siap menandatangani RUU JASTA kalau dia jadi presiden. Obama tinggal sendirian dengan para sponsor pemboman WTC.

Al Qaeda diciptakan dan Bin Laden sebagai pemimpinnya, dan dihilangkan lagi 2011. Siapa yang menciptakan (?), masih gelap. Tetapi, usul UU itu adalah permulaan yang luar biasa pentingnya dalam membuka kegelapan WTC dan terorisme umumnya. Sudah pernah ada usul juga dari berbagai kalangan yang skeptis atas kejadian WTC, seperti bikin badan independen menyelidiki kejadian itu, tetapi jelas ditolak mentah-mentah, karena bukan dari Kongres atau Senat.




Usul bikin UU kali ini datang dari seorang senator Demokrat dan seorang senator Republik. RUU itu sudah disepakati di Senat dan secara aklamasi disetujui di House dan lantas diveto oleh Obama hari Jumat.  

Usul itu sudah diduga sebelumnya pasti akan diveto oleh presiden Obama. Tetapi veto bisa dibatalkan kalau mayoritas di Kongres bisa dicapai. Dan, ini diyakini akan bisa tercapai. Karena itu sangat menarik.

Banyak lobbi-lobbi yang disponsori Arab Saudi untuk mengumpulkan penentang RUU JASTA, tetapi apakah mungkin menentang arus sejarah?




Leave a Reply