Kolom Telah Purba: Data Sontoloyo Jumlah Pengungsi Sinabung

0
112
pengungsi-34
Sumber foto: Republika.

 

Telah PurbaSemuanya kita berharap agar masalah data jumlah sebenarnya pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung ditangani dan dikerjakan dengan benar. Ada ketentuan soal siapa yang jadi pengungsi sesuai regulasi atau undang-undang. Namun, sampai hari ini pun soal jumlah yang benar tidaklah tepat dan acuannya kurang jelas, karena ada pihak yang merasa belum terdaftar atau tidak mendapatkan haknya sebagai pengungsi.


Oleh karena itu, kami sarankan agar BNPB dan Pemkab Karo mendata ulang sesuai peraturan yang berlaku.

Itu salah satu usul untuk kebaikan bersama soal jumlah pengungsi. Semestinya soal ini tidaklah sulit untuk dilakukan dan dikerjakan. Soalnya, ketika BNPB dan Pemkab Karo tidak dapat menyajikan data akurat jumlah pengungsi sesuai regulasi yang ada, kami warga akan curiga.

Kecurigaan yang muncul adalah begni: Jika muncul dAta yang sebenarnya, akan terungkap kecurangan-kecurangan/ kEbusukan yang selama ini sudah terjadi di Kabupaten Karo berkaitan dengan nasib pengungsi dalam soal bantuan dan lain sebagainya.




Secara jujur kami menilai kekacauan terkondisikan ini sangat memperlambat penyelesaian masalah nasib pengungsi. Kesannya seolah-olah tidak mau diselesaikan agar bantuan demi bantuan akan mengalir terus ke Kabupaten Karo dan, kemudian, diolah lagi.

Jika anda berharap nasib pengungsi segera diselesaikan, itu namanya mimpi di siang bolong bila data jumlah pengungsi yang sebenarnya tidak dituntaskan. Masihkah anda yang bertanggungjawab dalam urusan ini sudah merasa bekerja baik dan benar?




Leave a Reply