Cabai Merah, Tomat dan Brokoli Melonjak Tajam Hari Ini

0
125

Mulana TarsilMULANA TARSIL. BERASTAGI. Kemarau panjang di Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) menyebabkan langkanya beberapa komiditi sayur dan, selanjutnya, terjadi kenaikan harganya di pasar. Ini terjadi terutama pada cabai merah, tomat dan brokoli, sebagaimana diamati oleh reporter Sora Sirulo di Pasar Roga (Berastagi) hari ini [Jumat 7/10].

Cabai merah sempat turun ke harga Rp. 25 ribu/ Kg sekitar 3 minggu lalu. Lalu, 2 minggu lalu, naik menjadi Rp. 41 ribu/ Kg. Hari ini, sipedas jelita ini melonjak ke harga Rp. 59 ribu/ Kg, hampir menyamai harganya 4 minggu lalu yang mencapai Rp. 60 ribu/ Kg.

harga-sayur-3Turunnya harga cabai merah 3 minggu lalu kemungkinan besar akibat membanjirnya cabai merah besar dari Aceh atau Jawa Barat yang biasanya menjadi faktor penentu harga cabai di Sumut. Namun, setelah itu, harganya kembli melonjak karena kemarau panjang di Dataran Tinggi Karo masih belum berlalu.

“Banyak tanaman cabai yang mati karena keterlambatan penyiraman sehingga hasil panen cabai kali ini sangat sedikit,” kata seorang pedagang antara (verkoper/ broker) kepada Sora Sirulo di Pasar Roga hari ini.

Seorang petani dari Desa Bukit mengatakan dianya sudah bebeapa kali menyisip tanaman cabainya dengan bibit baru karena bibit yang dianam sebelumnya kekeringan.

“Tapi, bibit penyisipan pun mati juga dilanda kemarau ini,” kata petani Beru Tarigan itu.

harga-sayur-2

Seorang petani lainnya dari Kabanjahe bermerga Purba mengatakan, dianya membeli air dari penjual air dan membeli mesin untuk menyedot air itu dari bak dan kemudian menyiramkannya ke lahan sayurnya.

“Tanpa air dan alat pompa mesin seperti itu kerjanya terlalu berat, tapi modalnya jadi meningkat pula,” katanya sekaligus mengeluhkan kemarau yang panjang ini.

Kenaikan harga akibat kemarau panjang terjadi juga pada tomat dan brokoli. Tomat yang selama ini harganya Rp. 2 ribu/ Kg, hari ini melonjak ke Rp. 3.500/ Kg. Brokoli yang selama ini juga seharga Rp. 2 ribu/ Kg kini melompat tinggi 200% menjadi seharga Rp. 4 ribu/ Kg.

Memang hari ini ada sedikit turun hujan dan kemarin ada udan gembura yang belum bisa dikatakan hujan, tapi sudah lumayan basah karena kelembaban udara yang tinggi. Ini tanda-tanda kemarau panjang segera berlalu. Namun, harga cabe merah dan beberapa jenis sayuran yang melonjak adalah akibat kemarau panjang yang sudah sempat terjadi dalam masa penanaman dan pertumbuhan sayuran tersebut.





Berikut adalah daftar harg-harga yang sempat disurvei oleh Sora Sirulo di Pasar Roga siang tadi.

Cabe merah Rp. 59 ribu/ Kg

Tomat Rp. 3.500/ Kg

Buncis Rp. 9 ribu/ Kg

Sayur putih Rp. 4.500/ Kg

Kol Rp. 1.000/ Kg

Wortel Rp. 22 ribu/ Kg

Sayur pahit Rp. 5 ribu/ Kg

Terong antaboga Rp. 3 ribu/ Kg







Leave a Reply