Dinas Kehutanan Karo Salurkan Bibit Pohon ke Warga

0
134

B. KurniaB. KURNIA P.P. KABANJAHE. Dinas Kehutanan Kabupaten Karo salurkan bibit pohon unggul untuk petani di Desa Aji Julu (Kecamatan Tigapanah) [Kamis 6/10]. Menurut Kadis Kehutanan (Martin Sitepu) diwakili stafnya (Megasari br Barus), bantuan bibit-bibit kayu unggul ini adalah dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat menciptakan lingkungan hijau di tempat tinggalnya.

Selain itu, penyaluran bibit kayu ke warga desa melalui kelompok tani mengharapkan bibit-bibit itu tumbuh menjadi pohon besar dengan nilai ekonomis tinggi. Panennya dapat membantu perekonomian warga. Tujuan lain adalah untuk penghijauan dan sarana penyerapan air.

bibit-pohon
Dinas Kehutanan Karo serahkan bibit kayu unggul ke kelompok tani Aji Julu.

Bantuan bibit ke warga di Tahun 2016 telah tersalur kurang lebih 5.000 batang. Kelompok tani Persaudaraan Keluarga Muslim asal Desa Aji Julu merupakan salah satu kelompok terakhir penerima bantuan 500 bibit pohon.

Adapaun jenis bantuan bibit pohon yang diberikan adalah ingul, mahoni, kayu putih, jabon, alpukat dan lainnya. Rata-rata kelompok tani menerima bantuan 100 bibit hingga 500 bibit lebih. Bantuan diberikan berdasarkan usulan dari kelompok tani ke Dinas Kehutanan. Anggaran bantuan bibit pohon sendiri berasal dari APBD daerah Karo TA 2016.

“Kegiatan program desa hijau ini bagian berpartisipasi turut menyelamatkan Kabupaten Karo dari ancaman pemanasan global dan kekurangan air akibat penggundulan hutan,” ujar Megasari.




Leave a Reply