Maling Spesialis Pakaian Adat di Tigabinanga

0
166

 

Darulkepuk-2DARUL KAMAL. TIGABINANGA. Beberapa hari terakhir ini di Desa Kuala (Kecamatan Tigabinga, Kabupaten Karo) terjadi kasus pencurian yang unik. Berdasarkan pengakuan para korban, sasaran utama pencurian ini adalah perlengkapan pakaian adat Karo yang dalam bahasa Karo disebut ose.

Ose terdiri dari berbagai jenis kain tenunan tradisional yang disebut uis serta berbagai jenis perhiasan yang terbuat dari metal seperti halnya gelang keruncung (kalung), sertali (kalung), dan bunga kapias (perhiasan kepala). Sebagian ibu-ibu Karo berusia lanjut masih menyimpan ose lama di dalam keranjang ritual (baka) atau kotak kulit kayu (kepuk) atau juga di lemari.

kepuk
Kepuk tempat penyimpanan ose.

Menurut catatan Sora Sirulo, sudah ada 5 rumah yang disatroni maling spesialis ose ini di Desa Kuala Kecamatan Tigabinanga. Menurut penjelaan para korban, maling memasuki rumah mereka di siang bolong, di saat semua penghuni rumah beraktivitas di luar, terutama sedang bekerja di ladang.

uis-2
Meski sudah cacat dimakan usia, tenunan tradisional ini masih dihargai sebagai barang pusaka. Foto: Katengah Makaro.

Warga menduga, maling ini sepertinya mengincar rumah orang-orang tua yang biasanya menyimpan ose. Sampai berita ini dikirim ke redaksi, belum diketahui siapa gerangan pelaku atau kawanan pelaku pencurian ini.

“Kita belum tahu mengapa barang yang dicuri khusus ose selain barang-barang berharga lainnya. Mungkin ini sendikat pencuri spesialis kain tenunan kuno,” kata Pak Sitepu, seorang warga Kuala.







Leave a Reply