Sirulo TV: Ketika Dia Mengalir Membasahi Sawah Kami

0
336

Yanti Sari 2YANTI SARI. SUNGGAL. Desa Sei Beras Sekata (Kecamatan Sunggal) adalah salah satu lmbung padi Kabupaen Deliserdang. Meski jalan ke desa ini sangat mengecewakan warganya, khususnya yang mengarah ke Pasar 8 dan Pasar 9, irigasi di desa ini lumayan bagus.

Seperti saat ini sedang musim tanam padi sawah di sini, ada giliran mendapat aliran irigasi. Para petani harus taat pada giliran mendapat aliran irigasi ini. Bila saja dia belum menanam sedangkan sawahnya terletak di areal yang giliran mendapatkan alian air telah usai, maka dia tidak bisa lagi menanam padi untuk satu musim itu.

Sebuah tali air ditutup bila gilirAnnya telah selesai. Arus air dipindahkan ke tali air lainnya yang mendapat giliran air. Tali air yang ditutup kemudian menjadi kering sama sekali.

tali-air-3Bila sebuah tali air mendapat giliran arus air, maka anak-anak memanfaatkannya menjadi tempat bermain, terutama untuk berenang di air yang sejuk dan bening. Mereka bahkan menjadi wisatawan lokal dengan bersepeda ke sebuah jembatan yang tidak lagi begitu dekat dari pemukiman penduduk. Dengan sebuah rombongan kecil mereka bersepeda mini ke jembatan itu dan dari jembatan itu mereka terjun ke dalam air yang mengalir di irigasi kampung mereka.

Pengalaman seperti itu bermain di kampung di masa kanak-kanak akan menjadi nostalgia mereka di masa mendatang.









Leave a Reply