Pengukuhan Pengurus Baru ‘Merga Silima Barelang’ (2016-2020)

0
221

merga-silima-3

batamYULIANA TARIGAN. BARELANG. Pengurus baru Merga Silima Barelang telah dikukuhkan kemarin dulu [Sabtu 8/10] di GGI Hotel, Batam. Turut mengundang untuk acara pengukuhan pengurus ini adalah Gubernur Kepulauan Riau (Nurdin Basirun) dan Walikota Batam (Muhamad Rudi) beserta jajarannya. Masih banyak pejabat teras lainnya yang  turut hadir di acara ini.

Pengurus yang dikukuhkan adalah Daud Sembiring (Ketua Umum), Sastra Sinulingga (Ketua Harian), Maju Tarigan (Sekretaris Umum), Setia Putra Tarigan (Wakil Sekretaris Umum), dan Edward Brahmana (Bendahara Umum). Adapun sebagai Ketua Panitia Acara Pengukuhan ini adalah Yosua Hasnanta Ginting.

Acara pengukuhan pengurus baru ini memuat thema: “Salah satu ciri khas budaya Karo adalah budaya aron (Gotongroyong)”.

merga-silima-2Menurut Ketua Merga Silima Balerang yang barusan dikukuhkan (Daud Sembiring), budaya aron harus tetap dilestarikan dalam kehidupan organisasi; baik di perkumpulan merga maupun perkumpulan asal kuta atau pun perkumpulan profesi dan lain-lainnya.

“Budaya aron kita wujudkan dalam mendukung warga Merga Silima yang turut serta dalam Pemilihan Legislatif tahun 2019 mendatang sekalian silaturahmi masyarakat Karo se-Batam. Menurut data terakhir, ada sekitar 10 ribu warga Karo yang menetap di Kota Batam. Angka yang sangat funtastik menurut saya,” tutur Daud Sembiring.

Jumlahnya keseluruhan yang hadir lebih kurang 500 warga Suku Karo.Acara dibuka dengan tarian sekapur sirih atau tarian persembahan sebagai bentuk penghargaan karena berada d Tanah Melayu. Ada juga acara penggalangan dana untuk korban bencana Gunung Sinabung dan penamilan tari-tarian Karo yang menjadi ciri khas acara ini.

Acara ini dipandu oleh Efendi Ginting sebagi pembawa acara. Muda-mudi dari perkumpulan Arih Ersada Tiban Lama berperan sebagai penerima tamu dan pasangan menari kaum bapa yang kebetulan datang tidak dengan kemberahen.

merga-silima-1Arih Ersada merupakan organisasi muda mudi Karo di Batam yang sekarang ini beranggotakan 58 orang. Kegiatan mereka umumnya di bidang sosial, pembenahan dalam bidang budaya, pembinaan sanggar tari, pemahaman dan pembelajaran dalam adat istiadat budaya Karo.

Acara pengukuhan ini dihadiri perwakilan-perwakilan masyarakat Karo se Kota Batam di tiap-tiap kecamatan. Di bawah ini kami buatkan daftar organisasi-organisasi Karo di Batam.

 

Merga Silima

– Perpulungen Tarigan ras Anak Beruna-Batu Aji

– Perpulungen Sembiring se-Barelang

– Perpulungen Ginting Mergana se-Barelang

– Perpulungen Bangun Batukarang Sei Beduk

– Perpulungen Karo-karo ras Anak Beruna



Perpulungen Kuta

– Perpulungen Kutabuluh Simole

– Perpulungen Singalurlau Perbesi

– Perpulungen Binjai Langkat

– Perpulungen Pancurbatu

– Perpulungen Berastagi

– Perpulungen tigapanah

– Perpulungen Kecamatan Payung

– Perpulungen Tiganderket

– Perpulungen Singa – Kutambelin

– Perpulungen Naman Teran

– Perpulungen Kutarakyat

– Perpulungen Doulu Rajaberneh

– Perpulungen Tigabinanga

– Perpulungen Juhar

– Perpulungen Sukanalu Simbelang

– Perpulungen Barusjahe

– Perpulungen Aji Siempat

– Perpulungen Lau Gendek

– Perpulungen Kutalimbaru




Leave a Reply