Perpustakaan dan Kreativitas Anak Desa (Negeri Gugung)

0
277

negeri-gugung-2

 

vivi-e-tarigan-2VIVI ENDARIA TARIGAN. SIBOLANGIT. Karo Trekker Community (KTC) kembali melaksanakan aksi Sapo Oge (perpustakaan desa) di Desa Negeri Gugung (Kecamatan Sibolangit, Kabupaten DelisSerdang) [Minggu 9/10]. Ini adalah aksi bulan ke 2. Setiba di sana [sekitar 12.00 Wib], rombongan KTC bertemu dengan anak-anak Desa Negeri Gugung.

Mereka sangat antusias dan menyambut riang kehadiran rombongan.

Sebelum memulai kegiatan, anggota rombongan bertemu dengan Pak Sembiring selaku Kepala Desa Negeri Gugung. Bersama beliau dan anak-anak rombongan KTC menuju Kantor Kepala Desa dan menyerahkan sebanyak 250 buku.

Sudah ada 500 buku yang tersusun sekarang di perpustakaan desa itu.

negeri-gugung-1Kali ini KTC menyusun konsep yang berbeda dari sebelumnya. Pada aksi sebelumnya, Karo Trekker mengajak warga desa terutama anak-anak untuk menyaksikan pemutaran film. Untuk di bulan Oktober ini, KTC mengajari anak-anak untuk mengembangkan kreativitasnya dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar mereka.

Contohnya seperti kardus yang akan dijadikan hiasan lampu. Selagi tim KTC mempersiapkan alat dan bahan, sembari menunggu bahan yang sedang dipersiapkan, anak-anak diajak untuk bernyanyi bersama. Diadakan berbagai permainan berupa menjawab pertanyaan untuk lebih memotivasi mereka agar lebih giat belajar.

Suasana tampak gembira saat itu sehingga orangtua yang melihat pun ikut merasakaan kegembiraan.

negeri-gugung-3Untuk pengembangan kreativitas, tim KTC Roni surbakti dan Shepta Sembiring menjadi pemandu dalam pembuatan hiasan lampu. Anak-anak desa dibagi menjadi 2 kelompok dan tim KTC yang lainnya menyebar ke kelompok-kelompok tersebut. Anak anak Desa Negeri Gugung sangat bersemangatĀ dalam mengerjakannya sambil mendengarkan teknik kerjanya dari sang pemandu.

Kebanyakan dari mereka yang sebelumnya tidak mengetahui bahwa barang bekas itu bisa dimanfaatkan seperti ini. Tidak hanya anak-anak, orangtua pun merasa terbantu karena ini bisa menjadikan mereka anak yang mandiri dan kreatif.

negeri-gugung-4Tim KTC berharap agar melalui kegiatan ini mereka lebih jeli lagi melihat peluang dan mampu mengembangkan kreasi mereka melalui barang bekas. Hiasan lampu yang sudah jadi akan disimpan di rumah salah satu anak merga Ginting, agar tidak rusak atau pun hilang.

Untuk bulan depan, KTC akan tetap melaksanakan kegiatan ini. KTC berharap agar anak Desa Negeri Gugung lebih terdorong untuk bersekolah, lebih giat belajar dan bisa jeli melihat peluang. Tentunya di bulan depan konsep yang berbeda dan lebih menarik.







Leave a Reply