Debu Vulkanik Rusak Tanaman Warga di Karo Gunung

0
171

NggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Sinabung yang terus mengalami peningkatan saat ini membuat gunung api ini mengalami erupsi disertai luncuran awan panas yang membawa material debu vulkanik. Ini membuat tanaman sayur mayur di lereng Gunung Sinabung terus mengalami kerusakan, sementara petani mengeluhkan bantuan bibit yang belum  mereka terima hingga saat ini.

Luncuran awan panas yang umumnya menyemburkan material debu vulkanik yang menyebar ke desa-desa yang ada di lereng Gunung Sinabung. Ini membuat petani resah saat ini. Hujan debu vulkanik berdampak buruk bagi tanaman sayur mayur karena diselimuti debu vulkanik.

debu-vulkanik-5P‌etani mengalami kerugian yang cukup besar. Salah seorang petani mengaku saat ini tidak lagi memiliki modal untuk menanam di lahan pertaniannya. Sementara itu, bantuan bibit yang pernah dijanjikan Pemkab Karo sampai saat ini belum juga diterima oleh para petani yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung.

Para petani yang berada di lereng gunung hanya bisa berharap adanya bantuan bibit sayur mayur secara  gratis sebagaimana dijanjikan oleh Pemkab Karo dan pemerintah pusat. Bila bibit datang, para petani dapat kembali bercocoktanam saat ini, mengingat modal petani mulai  menipis akibat erupsi gunung api  ini yang berkepanjangan.








Leave a Reply