B. KurniaB. KURNIA P.P. KABANJAHE. Wakil Bupati Karo (Cory S Sebayang) menghadiri Peringatan Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016 tingkat Kabupaten Karo yang dilaksanakan di Zentrum PPWG GBKP Kabanjahe hai ini [Kamis 13/10]. Acara ini juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Karo (Lusia Sukatendel), Forkopimda Kabupaten Karo, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Ir. Mulia Barus), Kepala Dinas Kominfo dan PDE Kabupaten Karo (Drs. Agustin Pandia), Pengurus Dekopinda Kabupaten Karo serta Pengurus Koperasi se-Kabupaten Karo.

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang membacakan sambutan Bupati Karo (Terkelin Brahmana SH) yang menyampaikan bahwa, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1992  sebagaimana tertuang pada Pasal 3, koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudakan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Untuk itu, pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-69 tahun 2016 tingkat Kabupaten Karo dengan Tema “Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi koperasi-2Berdikari” merupakan tema yang sangat tepat pada kondisi ekonomi kita dewasa ini.

“Ekonomi kita dirasakan semakin sulit akibat sudah semakin menipisnya rasa kebersamaan dan gotongroyong dalam menghadapi setiap permasalahan termaksud dalam bidang ekonomi,” jelas Wakil Bupati.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan bersama dalam rangka mewujudkan komitmen pemberdayaan ekonomi rakyat melalui Koperasi. Melalui Kepres Nomor 14 tahun 2015 yang telah dirubah dengan Kepres Nomor 19 tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Karo telah menindaklajuti dengan Peraturan Bupati Karo Nomor 36 tahun 2016. Di situ dijelaskan, izin usaha mikro telah diserahkan ke camat dengan biaya gratis.

“Perizinan ini sebagai salah satu syarat guna menikmati fasilitas KUR dari Perbankan dengan bunga 9% per tahun, yang besarnya 25 Juta rupiah tanpa agunan,” tambah Bupati sebgaimana dibacakan oleh wakilnya.

Verawenta br Surbakti sebagai Ketua Pelaksana Peringatan Hari Koperasi ke-69 Kabupaten Karo dalam laporannya menyampaikan, terkait peringatan ini, telah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti mengikuti Lomba Tangkas Terampil (LTT) Koperasi tingkat SLTA/ Pondok Pesantren Wilayah III Sumatera Utara (2-3 Juni 2016) di Parapat, Gerak Jalan Santai (7 Oktober 2016) dari kantor Bupati Karo menuju Kantor Camat Kabanjahe, Penilaian Koperasi Berprestasi tahun 2016, dan Puncak Peringatan Hari Koperasi yang dilaksanakan pada hari ini [Kamis 13/10].




Usai memberikan laporan, dilanjutkan acara pemberian sertifikat dan penghargaan kepada koperasi beprestasi. Penghargaan dan sertifikat diserahkan Wakil Bupati Karo didampingi Forkompimda Kabupaten Karo dan dilanjutkan pemotongan kue Ulang Tahun Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016.

Adapun koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Karo adalah seabagai berikut:

Koperasi Fungsional Berprestasi yaitu berprestasi I KPN Kantor Bupati Karo, berprestasi II KPN Dinas Kesehatan, dan berprestasi III KPN Iklas Beramal.

Koperasi Fungsional TNI/ Polri Berprestasi yaitu Berprestasi I Primkop Kartika Tanah Karo, Berprestasi II Primkop Kartika Si’mbisa, dan Berprestasi III Primkoppol Resort Tanah Karo

Koperasi lainnya berprestasi yaitu Berprestasi I KUD Sadakata Tanjung Barus, Berprestasi II Kopkar Sint Xaverius, dan Berprestasi III Koperasi Gapoktan Arih Ersada.




Leave a Reply