Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. STM HULU. Proyek pembangunan drainese yang terdapat di Dusun 1, Tanjung Meriah, Desa Tigajuhar (Kecamatan STM Hulu, Deliserdang) dihancurkan OTK (Orang Tak Kenal). Pengerusakan disebut-sebut akibat pihak proyek Dinas Cipta Karya tersebut tidak sesuai prosedur.


“Mungkin warga menganggap bangunan ini adalah siluman, alias tidak jelas asal usulnya, makanya dihancurkan oleh warga,” kata Sudi, warga setempat, kepada wartawan [Senin 24/10].

Pantauan wartawan Sora Sirulo di lokasi, terlihat bangunan drainase itu telah poran poranda akibat sengaja dihancurkan oleh orang yang tidak dikenal (OTK). Sementara dari drainase yang telah hancur juga tampak bangunan kurang berkualitas alias rapuh. Sepertinya, semen yang digunakan sangat minim sehingga tidak mampu mengikat pasir di dalamnya.

drainase-2
Drainase Dusun Tanjung Meriah, Desa Tigajuhar yang dihancurkan OTK.

Menanggapi hal ini, Ketua LSM Perak Deliserdang (Julianus Barus) mengatakan, kejadian itu merupakan salah satu bentuk kekecewan masyarakat terhadap oknum rekanan yang selalu tertutup dan mengambil keuntungan pribadi.

“Kejadian ini akibat kekesalan masyarakat terhadap kinerja pemborong (rekanan), yang tidak profesional atau bisa juga untuk mengambil keuntungan lebih dari proyek tersebut,” kata Julianus.

Untuk itu katanya, ke depannya rekanan harus bekerja sesuai aturan. Pemasangan plank proyek itu salah satu bentuk pemborong yang transparan. Kemudian, dalam pengerejaan jangan melenceng dari bastek.

“Jika sudah dihancurkan seperti itu, rekanan jugalah yang harus merugi, kerena harus diulang lagi,” kata Barus.












Leave a Reply