mesin-tahu
Material bangunan pabrik tahu yang roboh dengan atap terbang jauh, akibat ledakan mesin pengolahan tahu di Kelurahan Lau Mulgab II Pajak Dalam (Berastagi).




B. KurniaB. KURNIA P.P. KABANJAHE. Mesin pengolahan tahu di sebuah pabrik yang terletak di Pajak Dalam, Kelurahan Lau Mulgap II (Berastagi) meledak hingga   merusak bangunan rumah warga di sekitarnya.

Kapolsekta Berastagi (Kompol Agustinus Sitepu) kepada wartawan mengatakan [Rabu 26/10], ledakan ini terjadi di pabrik pembuatan tahu milik D. Sinuhaji (48) [Senin 24/10: sekira 11:30 Wib] saat aktivitas pasar mulai didatangi pembeli. Diduga mesin pengelolah tahu berada di lantai pertama terbuat dari besi dalam keadaan tertutup rapat sehingga suhu di dalamnya panas. Bisa jadi karena kekurangan air hingga menyebabkan ledakan cukup keras.

Insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa. Saat terjadi ledakan, para pekerja sedang  makan siang, atau melakukan kegiatan rutinitas mengantar pesanan ke pelanggan dan istirahat keluar. Sementara pemiliknya tidak berada di tempat.



Ledakan mesin menghancurkan bangunan pabrik dan 3 rumah lainnya yang berdempetan dengan bangunan pabrik tahu. Taksiran kerugian mencapai Rp 40 juta.

“Jika dihitungkan secara rinci seluruhnya, bangunan terimbas ledakan mungkin di atas itu,” kata Kapolsekta.

Setelah situasi mulai kondusif, terpantau para pekerja dan masyarakat datang melihat TKP. Mereka pun melihat material bangunan pabrik seperti atap terlempar jauh puluhan meter, bangunan pabrik bagian bawah belakang terbuat dari batu roboh.








Leave a Reply