Sirulo TV: Aktivitas Sinabung Terus Meningkat

0
165





 Erupsi Disertai Luncuran Awan Panas 16 Kali

NggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunungapi Sinabung sepanjang pagi hingga sore hari ini [Selasa 1/11] terus mengalami peningkatan. Semburan debu vulkanik saat Sinabung erupsi disertai luncuran awan panas terus menerus terjadi. PVMBG mengamati Sinabung telah meluncurkan awan panas disertai erupsi hingga 16 kali hingga Selasa sore menjelang malam.

Data Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung dari sesmograf dan beberapa alat pemantau analog lainnya saat ini menandakan adanya peningkatan aktivitas kegempaan  hybrid, kegempaan tremor serta gempa low frekwensi pada gunung teraktif di Pulau Perca ini.

Itulah yang memicu terjadinya erupsi disertai awan panas yang sudah terjadi hingga kurang lebih 16  kali, tercatat  dari Selasa pagi hingga Selasa sore. Masih tingginya tingkat kegempaan ini menujukan masih tingginya potensi erupsi  disertai luncuran awan panas pada gunung yang saat ini berstatus Awas Level 4 sebagaimana ditetapkan oleh PVMBG.

“Tingginya aktivitas kegempaan Sinabung menujukkan masih tingginya potensi erupsi disertai lucuran awan panas yang besar mengingat saat ini suplay magma masih terus berlangsung,” terang Deri Gazali, petugas Pos Pengamatan Gunungai Sinabung kpada Sora Sirulo.








Leave a Reply