Kolom Sada Arih Sinulingga: Jangan Ada Kriminalisasi Terhadap Ahok

0
132

demo-15



SADA ARIH 5Hari ini, 4 November 2016, sebagian umat Islam melakukan unjuk rasa secara besar-besan di Jakarta untuk menyampaikan aspirasi dan mendesak Pemerintahan Jokowi melalui Kapolri untuk memproses segera secara hukum terhadap dugaan pelecehan atau penghinaan terhadap Alquran surat Almaidah 51. Dalam alam berdemokrasi unjuk rasa ini adalah sah-sah saja, terlepas adanya dugaan ditunggangi aktor-aktor politik atau orang -orang yang tidak sependapat atas kebijakan Ahok selama ini.

Sepanjang berjalan dalam koridor dan tidak melakukan anarkis atau berniat makar terhadap pemerintahan yang sah di bawah kepemimpinan Jokowi-Jk maka aparat keamanan jangan sampai melakukan tindakan yang melanggar hukum. Diharapkan aparat Kepolisian bersama TNI menjaga keamanan para pengunjukrasa agar jangan sampai anarkis dan disusupi oleh para teroris yang berusaha mengacaukan negara ini.

Saya sependapat terhadap isi tuntutan para pengunjukrasa dalam orasinya agar Ahok segera secepatnya diproses secara hukum. Negara ini adalah negara yang berdasarkan hukum oleh karena itu hukum adalah panglima yang tertinggi untuk menjadi tolak ukur apakah Ahok bersalah atau tidak. Jika Ahok memang benar melakukan pelecehan atau menghina Islam maka sepantasnya lah beliau dihukum karena tidak ada yang boleh kebal terhadap hukum.

Namun pun demikian, saya berharap jangan pula ada kriminalisasi terhadap Ahok karena tekanan publik yang begitu kuat menyebabkan Ahok dinyatakan bersalah di kemudian hari. Lakukan proses hukum secara adil dan transparan.

Pemerintah dalam hal ini aparat penegak hukum jangan kalah karena tekanan publik. Hukum tidak boleh dikalahkan secara politik karena kepentingan pemerintah demi menyahuti aspirasi publik yang belum tentu benar Ahok melakukan pelanggaran hukum. Jika sampai terjadi seperti itu maka ke depannya pemerintahan ini akan menjadi lemah tanpa wibawa lagi menjadi bulan-bulanan publik dan semakin seringlah pula publik melakukan unjuk rasa untuk menekan pemerintah.

Catatan dari redaksi: Tidak lama setelah redaksi menerima tulisan ini, terjadi kerusuhan saat unjuk rasa di Jakarta (lihat video di bawah ini)









Leave a Reply