Beli Gula di Media Online, Anwar Ketipu Rp 3 Juta

0
141

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. DELITUA. Apes dialami Anwar (29) warga Gg. Satria (Kecamatan Delitua) gegara kepincut harga gula murah di media online. Dia akhirnya merugi hingga Rp 3 juta rupiah.

Cerita Anwar ketika ditemui saat membuat laporan ke Polsek Delitua [Kamis 3/11: sekitar 14.00 wib], penipuan yang dialaminya berawal ketika dia berniat berjualan gula putih di rumahnya [Rabu 2/11: Siang].

“Sebelumnya saya jualan teh botol di rumah, tetapi karena kurang mencukupi untuk keluarga, saya hendak jualan gula putih,” sebut Anwar.

gulaUntuk mendapatkan harga gula yang rendah, Anwar pun mencoba mencarinya di media online. Setelah mengotak atik ponselnya, Anwar pun tertuju kepada penawaran gula putih yang dipasang oleh UD Sari Tani yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman Kompleks Ruko Rampah Indah No 4 AB (Kabupaten Sergai). Tak mau menyia-nyiakan kesempatan dalam menggeluti bisnisnya, Anwar pun menghubungi Arif Seto yang mengaku sebagai pemilik usaha dagang tersebut.

Melalui percakan langsung yang dilakukan, Arif Seto berjanji akan mengirimkan gula sesuai permintaan korban jika uang telah ditransfer ke rekeningnya. Tak curiga dengan penipuan yang dilakukan pelaku, Anwar kemudian mentransfer uang sebanyak Rp 3 juta melalui Bank Mandiri kepada pelaku.

Mirisnya, begitu uang tersebut dikirimkan, Arif kembali meminta kepada Anwar agar kembali mentransfer uang sebanyak Rp 7 juta ke rekeningnya.

“Katanya, aku harus mengirim Rp 7 juta lagi, karena aku dari awal mau membeli gula putih 10 juta. Karena aku tidak bersedia mengirimnya, dari seberang Pak Arif mengatakan tidak bisa mengirimkan gula itu karena habis stok dan uang yang Rp 3 juta belum cukup untuk mengirimnya,” tutur Anwar.




Lanjutnya, padahal untuk mendapatkan uang sebanyak Rp 3 juta tersebut, aku meminjam uang tetangga.

“Jujur, bang, baru kali ini aku kena tipu beli barang di online,” tutur anwar kesal.

Sementara Wahyudi (39) temannya yang ikut mendampingi Anwar membuat laporan, uang tersebut adalah miliknya yang dipinjam oleh Anwar.

“Uang sebanyak Rp 3 juta itu dipinjam Anwar dari saya, bang. Memang sudah kesepakatan kami begitu gula sampai di rumah Anwar, kami mau berbagi gulanya. Karena saya juga jualan gula putih,” tambah Wahyudi.

Kanit Reskrim Polsek Delitua Iptu Jonathan ketika dikonfirmasi mengatakan sudah menerima laporannya dan akan ditindaklanjuti.




Leave a Reply