Mulana TarsilMULANA TARSIL. BERASTAGI. Kalau dari kebutuhan dapur kita meneropong, logisnya harga cabe hijau dan cabe rawit akan ikut melambung bila harga cabe merah melambung. Tapi, kenyataannya, pasar itu punya logika lain yang tidak cukup dengan hanya memperhitungkan kebutuhan perut atau selera lidah.

Menurut pantauan Sora Sirulo di Pasar Roga, Berastagi, sore ini [Senin 7/11], cabe hijau dan cabe rawit sama-sama seharga Rp. 30 ribu/ Kg di saat harga cabe merah di hari yang sama adalah Rp. 80 ribu/ Kg.

cabe-2Sebelumnya [Jumat 4/11], cabe rawit sempat seharga Rp. 40 ribu/ Kg. Di hari yang sama, cabe hijau seharga Rp. 30 ribu/ Kg, dan cabe merah Rp. 70 ribu/ Kg. Sore tadi, ketika cabe merah melambung ke harga Rp. 80 ribu/ Kg, cabe rawit malahan turun menjadi Rp. 30 ribu/ Kg, sedangkan cabe hijau tetap seharga Rp. 30 ribu/ Kg.

Berarti, logika dapur yang menganggap cabe rawit atau cabe hijau dapat menjadi pengganti cabe merah  tidak berlaku di Pasar Roga. Buktinya cabe rawit malahan harganya turun di saat harga cabe merah bergerak meninggi. Kemungkinan besar naik turunnya harga hasil-hasil panen pertanian sangat tergantung pada tersedia atau tidaknya barang di pasar.

Tapi, jangan lupa pengalaman praktek pertiga-tiga di lapangan, harga komoditi terkadang adalah ate-ate.

Sebagai tambahan, harga bunga kol yang sempat terpantau oleh Sora Sirulo hari ini adalah Rp. 6.500/ Kg. Jumat lalu harganya masih Rp. 4 ribu/ Kg.












Leave a Reply