Jalan Rusak Dibiarkan, Jalan Bagus Dihotmix

1
273

Anggaran Dinas PU Deliserdang Banyak Penyimpangan

imanuel sitepu 3IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Anggaran yang dikucurkan kepada Dinas PU Binamarga Kabupaten Deliserdang senilai Rp 200 Miliar lebih, yang dianggarkan dalam APBD Deliserdang Tahun Anggaran 2016 disinyalir banyak penyimpangan. Kepala Dinas PU Deliserdang (Ir. Donald Tobing) diduga tidak mampu mengelola anggaran dengan efektif, efesien, tepat sasaran untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat.

Seperti yang terlihat dalam pembangunan jalan hotmix dari Desa Sarilaba menuju Desa Penen (keduanya terletak di Kecamatan Biru-biru, Deliserdang). Meski jalan yang setiap hari mereka lalui diperbaiki, namun warga yang berdomisili di daerah tersebut, mengaku cukup heran dengan kinerja Dinas PU Deliserdang.

jalan-rusak-9
Seorang warga Desa Peria-ria melintasi jalan rusak dengan ekstra hati-hati. Jalan penghubung Desa Sarilaba hingga ke Desa Penen ini tak kunjung diperbaiki.

Mengapa tidak, jalan yang sejatinya masih layak dilalui justru diperbaiki, sementara jalan yang kondisinya mengalami kerusakan amat parah malah diabaikan.

“Kondisi badan jalan yang terdapat antara jembatan pemandian Sarilaba Biru Indah hingga Jembatan Air Terjun Betala diperkirakan sepanjang 2 km sebenarnya masih layak dilalui, justru diperbaiki. Sementara badan jalan dari jembatan Air Terjun Betala hingga ke Dusun Tembengen (Desa Peria-ria) yang kondisinya rusak parah, malah diabaikan,” sebut R. Tarigan (42), warga yang kebetulan melintas, kepada wartawan [Selasa 8/11].

Saat diwawancarai lebih lanjut, Tarigan pun mengatakan cukup heran dengan kinerja Dinas PU Deliserdang yang dia tuding tidak profesional dalam mengelola anggaran yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah tersebut.

“Siapa yang tidak heran, media jalan antara jembatan Simpang Dusun Betala menuju ke Desa Peria-ria bahkan hingga menuju Desa Mardingding Julu melalui Desa Penen, tidak layak lagi dilalui kenderaan tetapi malah ditelantarkan. Tapi mengapa jalan yang masih layak dilalui justru itu yang diperbaiki?” terang Tarigan yang juga dibenarkan oleh L. Sembiring warga lainnya.




Tarigan dan Sembiring meminta kepada Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengevaluasi kembali jabatan Kepala Dinas PU Deliserdang yang diemban oleh Ir. Donal Tobing yang dinilai tidak becus dalam mengelola anggaran.

“Sejatinya, Kepala Dinas PU Deliserdang jeli dan lihai dalam mengelola anggaran. Pemerintah harus mendahulukan skala proritas. Bukan asal bangun saja. Anak kecil saja pun tau, mana jalan masih bagus dan mana jalan yang rusak,” tutur Tarigan dan Sembiring seraya mengaku tak habis pikir dengan kinerja Pemkab Deliserdang.

Ket foto: tampak seorang warga Desa Periaria melintasi jalan rusak dengan ekstra hati-hati. Jalan penghubung Desa Sarilaba hingga ke Desa Penen tersebut tak kunjung diperbaiki.








1 COMMENT

  1. Sangat mencurigakan,dibilang buta dan tuli terlihat pejabatnya punya mata dan telinga. Tapi kenyataan di lapangan sepertinya mata pejabat ini seperti juta dan tuli kupingnya. Bupati sdh juga tau betapa buriknya jalan sibiru biru mardingding tapi tetap tidak punya rasa keperdulian kepada rakyatnya. Sangat tidak pantas kepala daerah tidak perduli pada kepentingan rakyatnya.

Leave a Reply