Komunitas Sepeda Gunung Karo: Kenalkan Alam Karo dan Gaya Hidup Sehat

0
226

sepeda-gunung



Ita Apulina Tarigan 2ITA APULINA TARIGAN. BERASTAGI. Setelah sukses dengan acara GOBAR PUNCAK 2000 pada 23 Oktober lalu, Komunitas Sepeda Gunung Karo (selanjutnya disebut KSGK) semakin mengeksiskan diri sebagai komunitas spesialis sepeda gunung. Komunitas olahraga yang tergolong ekstrim ini dimulai dari  hobby bersepeda, sekelompok kecil yaitu Suyento Wijaya, Andre NSP dan Boy Suranta Sinulingga.

Di bulan Oktober 2013, mereka mengukuhkan kominitas kecil ini menjadi “Komunitas Sepeda Karo”. Tujuannya untuk mempersatukan warga Berastagi yang mempunyai hobbi dan minat yang sama yaitu bersepeda. Seiring perkembangannya komunitas ini berganti nama menjadi “Komunitas Sepeda Gunung Karo (KSGK)” karena jenis sepeda gunung sangat mendominasi dalam setiap kegiatan yang mereka laksanakan.

“Anggota semakin bertambah, bukan hanya dari Berastagi sekitar. Ada dari Kabanjahe juga. Kita juga ingin mendorong agar terbentuk ISSI (Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia) di Kabupaten Karo,” tutur Sekretaris KGSK, Anthony, mengenai perubahan nama komunitas ini.

sepeda-gunung-2Salah satu keunikan dari KGSK adalah kegemaran mereka membuka jalur baru trek sepeda. “Jalur baru yang kita buka ini harapannya bisa dipakai para pecinta lintas alam, baik itu dengan sepeda gunung maupun jalan/ lari. Banyak daerah di Indonesia yang sudah dikenal untuk trek sepeda gunung, menurut kami Kabupaten Karo juga sangat berpotensi. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini kita bisa turut berpartisipasi mengkampayekan pariwisata Karo, sekaligus kampanye hidup sehat,” imbuh Boy Suranta, Ketua KGSK.

Kegiatan rutin mereka selain bersepeda setiap minggu juga dilakukan bersepeda bersama setiap bulan.

Posted by Boy Suranta on Sunday, October 23, 2016

“Kita masih tetap menerima anggota jika ingin bergabung. Syaratnya, ya, tentu harus punya sepeda gunung, sehat jasmani dan rohani, bersedia berkomitmen tidak merusak alam selama bersepeda, dan patuh pada peraturan lalu lintas. Jika tertarik dan memenuhi syarat di atas, jangan ragu-ragu hubungi kami,” pungkas Boy Suranta.


[one_fourth]akte pendirian organisasi[/one_fourth]

Baru-baru ini, pada hari Minggu [28/10] KGSK mengadakan rapat anggota di Desa Doulu yang kebetulan bertepatan dengan Wari Kerja Tahun Desa Doulu dan juga hari ulang tahun ke 3 KGSK. Selain merencanakan garis besar Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga KGSK, juga dibentuk kepengurusan baru untuk melengkapi akte pendirian organisasi ini.

Selamat untuk pengurus KGSK yang baru, selamat turut berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Karo.



sepeda-gunung-4sepeda-gunung-5sepeda-gunung-6

sepeda-gunung-7sepeda-gunung-8sepeda-gunung-9

Leave a Reply