Traveler Sirulo: Banda Aceh, Kota Religi Destinasi Wisata

0
356

banda-aceh




banda-aceh-2BOY SYAHPUTRA SURBAKTI. BANDA ACEH. Banda Aceh merupakan ibukota provinsi yang terletak tepat di bagian paling Barat Indonesia, satu daerah yang menyimpan banyak potensi wisata untuk sahabat Traveler Sirulo. Untuk itu tim Sirulo News telah mengemas informasinya untuk sahabat sekalian langsung dari Kota Banda Aceh.

Setiap kota di Indonesia memiliki ikon masing-masing. Untuk Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman merupakan landmark atau ikon sekaligus sebagai wisata religi.

Menurut guide yang mendampingi tim Sirulo News di Banda Aceh, selain Masjid Baiturrahman, Museum Tsunami adalah tempat yang paling layak untuk dikunjungi. Museum ini menyajikan nilai sejarah dan potret kejadian tsunami pada 2004 silam. Termasuk benda peninggalan bencana alam yang dahsyat tersebut untuk sahabat Sirulo News abadikan.

banda-aceh-3Situs lain yang dapat sahabat kunjungi adalah Pembangkit Listrik Diesel (PLTD) Apung di Desa Punge, Blancut, Banda Aceh. Pada saat tsunami terjadi, kapal dengan panjang 63 meter dan bobot sekitar 2.600 ton ini terseret sejauh 5 Km ke jantung Kota Banda Aceh oleh gelombang pasang setinggi 9 meter. Merupakan situs yang menarik untuk sahabat kunjung.

Yang tak kalah menarik adalah Mie Aceh. Merupakan makanan yang sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Salah satu yang coba dikunjungi team Sirulo News adalah Mie Aceh Rajali yang terletak di Jl. Panglima Polem No. 83-84 Banda Aceh. Menyajikan banyak menu olahan. Mie Aceh adalah salah satunya yang sangat layak untuk sahabat traveler coba.

banda-aceh-4Satu lagi hal yang menjadi ciri Kota Banda Aceh adalah batu akik. Meski peminatnya tak sebanyak dulu lagi namun beberapa jenis batu seperti Biosolar dan Solar masih dicari para wisatawan untuk dibawa pulang. Dengan bandrol harga sekitar Rp. 500.000 sahabat traveler sudah bisa membawa sebuah cincin Biosolar dengan gagangnya.

Untuk urusan transportasi angkutan umum di Banda Aceh sangat beragam seperti Labi-labi (Angkot) sampai becak. Tips untuk sahabat Traveler Sirulo agar lebih memilih becak untuk berkeliling Kota Banda Aceh karena wilayahnya yang tidak terlalu luas dan hanya dengan budget Rp.100.000 saja anda akan dibawa berkeliling Banda Aceh sekaligus pengemudi becaknya dapat memberi informasi layaknya Guide anda.

banda-aceh-6banda-aceh-7



Leave a Reply