Ersada Min Arihta (EMA): Art and Culture Festival 2016

0
128

ema-1



Jebta B. SitepuJEBTA B. SITEPU. MEDAN. Berkembangnya kemajuan jaman dan teknologi sekarang ini tidak menyurutkan niat kaum muda Karo yang tergabung dalam sebuah komunitas bernama Ersada Min Arihta (EMA). Mereka berupaya untuk mengembalikan dan mengembangkan seni, tradisi dan budaya Karo dengan membuat sebuah pertunjukan seni bertajuk EMA Art and Culture 2016.

“Tujuan awal grup ini kami bentuk agar para pemuda pemudi Karo semakin cinta akan budayanya. Di grup ini juga diajarkan cara-cara bertutur dan kehidupan kalak karo,” kata Ketua EMA Kesaponta Purba.

ema-2Terkait acara yang akan mereka adakan, Kesaponta mengatakan, sangat banyak apresiasi dari berbagai kalangan diantaranya Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, Pemkab Karo, DPRD Karo , dan Camat Medan Tunjungan.

“Acara ini diadakan tanggal 25 November bulan ini. Sangat banyak support; baik dari pemerintah, orangtua dan penggiat budaya. Kami berharap semua kalangan dapat menghadiri acara ini,” lanjut pria yang akrab disapa Kesa ini.

Ersada Min Arihta Art and Culture ini ditargetkan akan dihadiri 5 ribu pengunjung. Adapun lokasi berlangsungnya acara ini di Balai Zeqita Lau Cih Medan dan menghadirkan puluhan pengisi acara, antara lain Extreme Magician Mpuh Sembiring, Simpei Sinulingga selaku Pandikkar, Ateng DJ selaku Stand Up komedian, para penari tarian tradisional Karo, dan lain lain.

“Kaum muda Karo serta seluruh elemen masyarakat harus hadir. Acara ini gratis dan panitia sudah menyiapkan 5 ribu cimpa untuk pengunjung. Ada juga berbagai kerajinan tangan khas Karo yang bisa dibeli pengunjung,” kata Kesaponta mengakhiri.

ema-3ema-4ema-5




Leave a Reply