kali-alas-2



kali-alasInilah yang namanya Kali Alas, sebuah sungai di Kutacane (Kabupaten Aceh Tenggara) yang sering jadi daerah tujuan wisata mancanegara buat rafting. Dahulu kala, sungai ini merupakan sarana lalu lintas antara Singkil dan Kutacane.
Singkil di Pantai Barat Sumatra
adalah kota pelabuhan yang sangat tenar dari zaman dahulu kala.

Kini, sarana lalu lintas sudah digantikan oleh mobil melalui daerah Karo, Dairi dan Pak-pak Bharat.

Kotacane di Aceh Tenggara ini adalah daerah multi etnis. Bahkan Suku Aceh malah minoritas di sini karena etnis Alas lah penduduk asli, ditambah Suku Karo, Suku Batak, dan Suku Minangkabau.

Di daerah sini ada juga tempat mandi air panas alami yang bernama Lawe Gerger (gerger dalam bahasa Alas dan Karo artinya mendidih). Kutacane diapit dua punggung bukit pegunungan Bukit Barisan dan ada yang masuk Zona TNGL alias Taman Nasional Gunung Leuser.

Jika mau berkunjung ke sini, dapat juga ditempuh dengan pesawat terbang yang bandaranya ada di Simpang Semadam.

kali-alas-3



Kutacane ini sangat erat kaitannya dengan Suku Karo di Sumut. Dahulu, ketika zaman Agresi Belanda, setelah kampung atau desa dibakar semua di daerah Karo, ke daerah inilah perginya para pengungsi dari Tanah Karo sehingga Belanda datang cuma mendapati kampung yang kosong dan sebagian elah musnah dibakar laskar.

Kini, Aceh Tenggara menjadi daerah penghasil biji coklat yang cukup banyak produksinya walau sangat kita sayangkan cara prosesnya yang agak jorok, sama halnya dengan di Kabupaten Karo. Andai saja prosesingnya dibuat memakai cara fermentasi sewaktu pelepasan biji dari buahnya, tentu pasar Eropa sangat senang membeli coklat kita.

Jika anda mau berkunjung lewat darat, dari Kota Medan, anda bisa menikmati perjalanan darat yang penuh kelokan. Kendaraan bus umum cukup banyak seperti bus kecil BTN, KARSIMA atau pun PINEM. Banyak angkutan travel yang tersedia di sepanjang Jl. Jamin Ginting, Medan, yang siap mengantarkan anda ke Kotacane.

Anda mau berkunjung? Bumi sepakat segenep, siap menanti kunjungan anda.

#Edisipiknik.




Leave a Reply