Batu Besar Nongkrong di Jalan Nasional, Lalulintas Kabanjahe–Laupakam Terganggu

0
99
batu-1
Bongkah batu besar yang jatuh dari tebing menutup badan jalan nasional di Lau Solu (Kecamatan Mardingding).





B. KurniaB. KURNIA P.P. MARDINDING. Bongkahan batu besar jatuh dari tebing menimpa badan jalan nasional di Desa Lau Solu (Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo). Kejadian ini telah berlangsung sejak hampir sepekan, membuat arus lalu lintas jurusan Laupakam–Kabanjahe dn sebaliknya terganggu.

Dari pantauan wartawan di lapangan hari ini [Rabu 23/11], posisi batu hampir menutupi setengah badan jalan dan berketepatan pula di tikungan manis kolam Usaha Sembiring di Desa Lau Solu.

Menurut informasi dari warga setempat, bongkahan batu itu jatuh saat hujan deras turun beberapa hari lalu yang mengakibatkan tiba-tiba terjadi longsor di tebing jalan. Selanjutnya, batu besar tersebut jatuh berguling hingga sampai ke badan jalan. Sebagaimana dikatakan oleh Ramlan Sembiring (46) dan Libur Sembiring (48), itu 4 hari lalu [Sabtu 19/11].

Keadaan ini sangat mengganggu arus lalulintas, khususnya pada malam hari. Apalagi batu tersebut hampir berada di tengah bahu jalan. Saat mobil melintas dari dua arah, harus menggunakan satu jalur.




“Pihak BPJN diharapkan segera mengatasi persoalan ini,” harap Ramlan.

Dikatakan, keadaan ini sudah berlangsung beberapa hari, tapi belum ada upaya dari pihak terkait untuk mengatasinys. Sementara warga setempat tidak mampu mengatasi kejadian karena tidak memiliki alat berat. Tidak hanya itu, bersamaan saat kejadian, tidak jauh dari lokasi, kayu besar ikut tumbang dan menutup badan jalan.

“Namun, bedanya, kayu tumbang langsung bisa diatasi warga dengan memotong pohon menggunakan mesin gergaji,” tutur Ramlan.




Leave a Reply