Tentang Kemajuan Industri China

0
192

guangzhou-circle

Oleh: Sejahtra Ginting (Batam)

sejahtera-gintingKita masih punya kesempatan… kalau mau… 3 bulan yang lalu, saya jalan-jalan ke China di daerah Shenzhen dan Guangzhou yang merupakan sebagian dari daerah yang dibuka pemerintah untuk investor. Banyak hal aneh saya lihat, salah satunya adalah industri yang kami kunjungi adalah showroom; baik itu yang mengaku industri berat, laser industri, dll.

Saat pulang via Singapore, kebetulan berada satu pesawat dengan Pak CK, bisniss analist China untuk investor Singapore. Dia banyak cerita bahwa sebenarnya juga China dalam hal industri masih sebatas projek mercu suar, dalam arti semua resource disediakan oleh negara.

Kalau kita perhatikan seluruh PCB dari product China yang sejenis dari ribuan merek, design mesinnya hanys satu dan itu semua madih diprovided. Mungkin mereka banyak yang lagi belajar dengan benar tetapi banyak dan sangat banyak yang belum memiliki kesempatan. Ke depannya tetap akan menjadi beban bagi mereka.

Saat ini, sebenarnya dalam kegalauan kawasan, Malaysia dan Singapore dengan regenaris kepeminpinannya yang agak tersendat, dan kestabilan negara lain di sekitar ASEAN, seharusnya ini kesempatan kita dengan visi yang dibawa Jokowi.

Tapi, kesempatan itu tetap akan hanya kesempatan kalau kita tak mengkonversinya menjadi suatu usaha untuk maju. Sepertinya, kita perlu diskusi lebih banyak.









Leave a Reply