Harga Jeruk di Medan Tidak Stabil

0
248

jeruk-9



arjuna-kembarenARJUNA KEMBAREN. MEDAN. Harga jeruk di Medan sedang tidak stabil saat ini. Soalnya, bisa saja jeruk tiba-tiba membanjiri Pasar Induk Laucih (Medan) di suatu hari, tapi di hari lainnya barang agak kosong.

Naik turunnya harga bisa selisih Rp. 1.000/ Kg. Bila barang sedang kosong, harganya turun sekitar Rp. 1.000/ Kg. Bila barang datang membanjir, tiba-tiba pula naik Rp. 1.000/ Kg.

“Terkadamg selisih harganya lebih dari Rp. 1.000/ Kg,” kata seorang pedagang jeruk di Pasar Induk Laucih (Medan) kepada Sora Sirulo hari ini [Selasa 2/12].

Sebagai contoh, jeruk super madu asal Kuta Mbelin (Liang Melas, Karo Barat) saat ini harganya Rp. 13.500/ Kg (dijual ke pengecer). Bila saja barang tiba-tiba kosong, harganya bisa melonjak menjadi Rp. 14.500/ Kg. Tapi, bila terjadi banjir buah, harganya bisa pula turun menjadi Rp. 12.500/ Kg.

Perlu diketahui bahwa banjir buah-buahan secara umum juga mempengaruhi turunnya harga jeruk karena tersedianya pilihan lain sehingga konsumen tidak membeli jeruk.




Leave a Reply