Kolom W. Wisnu Aji: BELA ISLAM IV (Sinergi Melawan Kesenjangan Ekonomi)

0
152

bela-islam-1



wijayanto 8Bela Islam memang menginspirasi semuanya. Bela Islam merupakan momentum konsolidasi membangun kekuatan ekonomi berbasis ekonomi keumatan. Dalam kajian kecil keumatan bahwa momentum Bela Islam selanjutnya mengkapitalisasi kekuatan Islam dalam sinergi melawan kesenjangan ekonomi di kalangan muslim, harus ada solusi rumusan bersama sehingga tidak mudah diombangambingkan oleh issue tertentu.

Sebenarnya, kalau kita melihat momentum kebangkitan muslim saat ini, harus dimaknai sebagai kedewasaan dalam membangun sistem demokrasi. Tapi, energi positif tersebut harus berlanjut pada penguatan pembangunan ekonomi keumatan yang berkelanjutan. Harus ada dorongan sinergi antar organisasi keumatan dalam langkah melawan kesenjangan ekonomi sebagai tindak lanjut energi yang menggumpal di kalangan muslim.

Organisasi keumatan harus mampu mendorong bangkitnya akselerasi kemajuan ekonomi umat berbasis Syariah dengan memupuk jiwa-jiwa enterpreneurship kalangan umat untuk membangun eksistensi ekonomi; baik secara mandiri maupun kumpulan komunitas muslim.

bela-islam-3Fenomena bersinerginya umat muslim dalam Bela Islam tidak terlepas dari jurang timpang ekonomi antar berbagai kelompok entitas negeri ini. Akibatnya, umat di akar rumput mudah digerakkan oleh berbagai issue yang berkaitan dengan ketimpangan ekonomi.

Disparitas kesejahteraan umat muslim di seluruh wilayah akan jadi alat penyulut propaganda yang mudah dari kelompok kepentingan untuk memanfaatkan mereka. Disparitas keumatan antar muslim juga dapat dijadikan alat dalam orientasi merebut kekuasaan sehingga tidak kaget kalau mereka mudah dirayu sebagai kekuatan massa dalam bergerak.

Untuk menyikapi berbagai masalah krusial tersebut, harus ada solusi bersama antar organisasi keumatan dalam mengurangi kesenjangan ekonomi yang titik fokusnya pada pendidikan berkesadaran berbasis keumatan dan kesejahteraan ekonomi berbasis pada potensi keumatan di wilayah masing-masing.

Maka tahapannya pasca kapitalisasi energi positif lewat konsolidasi doa untuk bangsa, maka Bela Islam harus dilanjutkan dengan sinergi melawan ketimpangan ekonomi di kantung keumatan yang tersebar di seluruh wilayah bangsa.

bela-islam-4Adapun tahapannya adalah memperkuat pondasi pendidikan berkesadaran di kantung kantung umat muslim yang titik tekannya pada produktifitas membangun Islam dalam menyikapi keberagaman dan produktivitas membangun kemandirian keumatan berbasis potensi ekonomi Syariah.

Membangun pondasi pendidikan berkesadaran harus masuk di kantung-kantung muslim terutama kalangan santri pondok pesantren, majelis taklim, dan jamaah pengajian.

Dalam tahapan pendidikan berkesadaran harus ada sinergi seluruh entitas hingga muslim bukan hanya alat dimanfaatkan untuk bergerak demi kepentingan tertentu tapi jadi subyek penggerak demokrasi kebangsaan yang produktif, konstruktif dan progresif.

Setelah penguatan pendidikan berkesadaran juga harus dibarengi dengan tradisi tradisi enterpreneurship di kalangan muslim sehingga kesenjangan secara ekonomi dapat dikurangi dan penyerapan tenaga kerja juga lebih maksimal di kalangan muslim lewat kebangkitan membangun sistem ekonomi umat. Jadi, mereka lebih sibuk membangun kemandirian dibanding berdemo.




Kalau 2 tahapan tersebut dapat dilaksanakan secara simultan dan sinergi antara pemerintah bersama entitas keumatan, maka tidak muncul lagi berbagai fenomena issue hegemoni “asing”dan “aseng” dalam propaganda kepentingan.

Selain itu, selama umat muslim juga mampu bangkit menunjukkan eksistensi ekonomi secara komunal serta mandiri, maka tidak muncul lagi dramatisasi politisasi kalangan muslim. Muslim juga akan lebih diakui dalam kancah dinamika perekonomian nasional yang kuat.

Muslim yang bersinergi melawan kesenjangan ekonomi mampu menjadi akselerator dan katalisator bagi produktifitas pembangunan ekonomi yang berkelanjutan demi pertumbuhan ekonomi bangsa yang berkualitas.

Mari, saatnya kita dorong energi positif Bela Islam berlanjut pada penguatan entitas ekonomi muslim dalam sinergi melawan kesenjangan ekonomi di daerahnya tanpa harus ada kesan politisasi mayoritas lagi.

Semoga tulisan ini dapat dijadikan solusi kebangkitan ekonomi muslim dengan entitas organisasi keumatan sebagai penggeraknya.

#SalamPencerahan

Dipublikasikan oleh :
CENTER STUDY REPUBLIC ENLIGHTMENT FOR PROGESSIF MOVEMENT (CS REFORM)

Leave a Reply