Oleh: Leo Tarigan

Pernah nyobain Es Kopi Vietnam tanpa sianida? Begitulah nikmatnya Bhineka Tunggal Ika. Apa hubungannya? Karena Es Kopi Vietnam itu tidak terdiri dari satu unsur, melainkan dari beberapa unsur. Unsur-unsur yang ada ini lalu melebur menjadi satu, menciptakan perpaduan bentuk, rasa dan aroma yang luar biasa.

Bayangkan kalau unsur-unsur es kopi vietnam itu tetap terpisah dan berdiri sendiri.

1. Nikmatkah rasanya bubuk kopi?
2. Bagaimana rasanya meminum susu kental langsung dari kalengnya?
3. Apakah Anda suka mengunyah es batu?

Ketiga unsur pembentuk es kopi vietnam tsb, ditambah air, baru akan terasa nikmat bila mereka lebur menjadi satu. Itulah Bhineka Tunggal Ika. Biar berbeda-beda, setelah jadi satu, nikmatnya luar biasa.

Lalu bagaimana bila kita tambahkan sedikit sianida? Setengah sendok teh saja. Masih berminatkah Anda meminumnya?

Demikianlah Bhineka Tunggal Ika itu akan rusak bila unsur kebencian dan sikap mau menang sendiri ditambahkan ke dalamnya. Sikap mau menang sendiri, mau besar sendiri, mau berkuasa sendiri, mau dihormati sendiri, adalah seperti sianida yang masuk ke dalam segelas es kopi vietnam yang nikmat. Maka siapapun yang mencicipi Bhineka Tunggal Ika yang tercemar itu, pada akhirnya akan keracunan juga.

Anda pencinta Es Kopi Vietnam? Jauhkan dia dari sianida. Anda Pencinta Bhineka Tunggal Ika? Jauhkan sikap mau menang sendiri, mau besar sendiri, mau jadi yang paling dihormati. Utamakan kepentingan bersama.

Jangan racuni Bhineka Tunggal Ika. Please..!!!!




Leave a Reply