Kolom W. Wisnu Aji: TIMNAS DAN HARMONISASI KEMENANGAN

0
149




Pada laga final pertama, AFF seolah semua mata terpusat memaknai semangat kebangsaan yang diekspresikan menangnya Timnas. Tim yang melakukan sinergi kebersamaan hanya satu tujuan kebanggaan bangsa. Pada final ke dua Timnas akan diuji wujud harmonisasi kemenangan melalui kekuatan potensi tim.

Berbicara Timnas memang tiada habisnya, setelah kemarin negeri ini ditunjukkan selebrasi semangat kebangsaan anak-anak muda potensial bangsa. Final ke dua di Thailand harapannya sinergi potensi kekuatan dapat semakin kuat untuk meraih kemenangan.

Timnas mampu sinergikan harmonisasi kemenangan dari pemanfaatan potensi antar lini yang memiliki tanggungjawab mengawal wilayahnya. Sehingga tidak muncul ego sektoral antar lini yang dapat jadi blunder dalam meraih tujuan. Semua punggawa Timnas bergerak tanpa merasa paling superior, tanpa merasa paling berbakat atau tanpa merasa paling hebat dibanding yang lain.

Dengan kekuatan harmonisasi kemenangan maka Timnas mampu memetakan potensi musuh yang begitu kuat untuk ditaklukkan. Sinergi potensi menjadi faktor penentu zona marking antar lini dalam mengatur ritme semangat kebangsaan menjadi kemenangan.

Begitu juga dengan negeri ini. Jika kita mau dan rela belajar dari cara konsolidasi potensi dalam kemenangan Timnas, maka seharusnya segala yang ada merupakan aset potensial negeri ini menuju kemajuan bangsa.

Dalam membangun serta memajukan negeri tidak perlu lagi menonjolkan superioritas mayoritas, merasa paling punya kemampuan atau merasa paling kuat. Sehingga sinergi harmonisasi membangun negeri lebih menonjolkan sinergi antar potensi tanpa saling mengebiri, dengan fokusnya hanya membangun semangat entitas negeri. Kalau kita lihat kondisi bangsa saat ini dimana polarisasi eksistensi kelompok yang begitu kuat membuat kemunduran peradaban negeri jadi terdampak. Peradaban bangsa yang oleh pendahulu memiliki tujuan awal mensinergikan keberagaman telah terkoyak akhir-akhir ini.

Belajar dari Timnas kemarin harusnya negeri ini mengkomunikasikan keberagaman bukan untuk eksistensi kelompoknya atau pemaknaan primordial sempit tapi menggali setiap potensi bersinergi untuk memajukan negeri.

Kemenangan Timnas merupakan kekuatan reflektif bersama, dimana Timnas mampu memberikan pelajaran sinergi keberagaman dalam mencapai tujuan kebanggaan bangsa. Timnas juga telah mengajari bahwa ego primordial antar potensi bangsa akan menghancurkan kekuatan solid mencapai tujuan kemenangan bersama.




Untuk itu melalui momentum Timnas, dengan harmonisasi kemenangannya, bisa jadi hikmah luar biasa menyatukan negeri yang sedang terpolarisasi. Timnas bukan upaya pengalihan isu momentum kepentingan politik, tapi menjadi solusi bersama memaknai keberagaman negeri dalam mewujudkan eksistensi bangsa.

Timnas juga merupakan cara menyadarkan kita bersama, bahwa di tengah serangan dan hantaman musuh yang bertubi-tubi, tapi tetap mampu memanfaatkan sinergi potensi keberagaman untuk menangkan pertarungan. Sekali lagi Timnas adalah energi dalam memupuk rasa Nasionalisme di tengah keberagaman tanpa menonjolkan superioritas individu atau kelompok.

Mari kita doakan bersama kelancaran Timnas dalam bertanding di Thailand. Sehingga tujuan memberikan yang terbaik bagi kebanggaan bangsa dapat terwujud. Saatnya rasa Nasionalisme dan semangat kebangsaan dapat dimanifestasikan melalui selebrasi mentalitas juara kemenangan Timnas. BRAVO TIMNAS 2: 1 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

#SalamPencerahan

Dipublikasikan oleh :
CENTER STUDY REPUBLIC ENLIGHTENMENT FOR PROGRESSIVE MOVEMENT (CS REFORM)

Leave a Reply