Kolom W. Wisnu Aji: ANIES BASWEDAN DATANG, TIMNAS KURANG BERUNTUNG

0
110
Timnas Indonesia mengucapkan terimakasih kepada supporternya usai pertandingan final AFF 2016 leg ke 2 di Thailand.




Pasti ada hikmah di balik setiap peristiwa, begitulah cara Tuhan memberikan renungan hikmah lewat pertanda alam untuk jadi ajang refleksi bersama. Momen peristiwa kekalahan Timnas patut kita apresiasi kerja keras serta semangat bertandingnya. Tapi, ada catatan kritis ketika Anies Baswedan datang, Timnas kurang beruntung.

Seolah ingatan kita jadi dejavu dengan berbagai peristiwa kekalahan Timnas dulu. Dia saat PSSI di bawah Nurdin Halid, saat rating eskalasi kemenangan Timnas terdongkrak naik hingga mau juara, Nurdin halid mencoba memanfaatkan momentum Timnas dengan pencitraan Ketum partai tertentu. Tujuannya agar terpapar efek positif dari kinerja Timnas yang terdongkrak naik.

Begitu juga ketika saat jaman SBY ingin menari di atas terdongkraknya kemenangan Timnas, SBY mencoba hadir biar terpapar efek positif terdongkraknya prestasi Timnas yang jadi perhatian publik luas. Namun, setiap SBY hadir selalu Timnas berada di posisi kurang beruntung alias kalah. Entah kebetulan atau ada makna di balik peristiwa.

Kalau kita ambil hikmahnya dari berbagai peristiwa Timnas, setiap kita adalah mahluk sosial dan makluk politik. Setiap mahluk politis selalu haus pencitraan di setiap celah yang dapat respon publik begitu luas. Namun, Tuhan mengajari kita untuk merenung bahwa di setiap doa atas keinginan kita tapi Tuhan hanya memberikan yang kita butuhkan.

Menyikapi kedatangan Anies Baswedan di Thailand pasti punya tujuan di balik itu. Di satu sisi untuk menyemangati mentalitas bertanding punggawa Timnas melawan comprador Thailand, tapi di sisi lainnya, sebagai makhluk politis pasti punya kepentingan memanfaatkan momentum demi eksistensinya dalam Pilkada DKI.

Anies Bawedan duduk di samping Prabowo Subianto. Foto: Andi Sururi (detik.com)

Namun sayangnya, Tuhan pasti akan memberikan yang kita butuhkan bukan yang diinginkan untuk diambil hikmahnya. Maknanya bahwa harapan kita agar Timnas kita dapat memenangkan pertandingan namun Tuhan punya rencana lain di balik kekalahan Timnas.

Perjuangan Timnas murni sportifitas sepakbola yang tidak ingin dimanfaatkan untuk kepentingan eksistensi tertentu di balik jerih payah Ttimnas bermental juara. Apapun yang telah dilakukan Timnas adalah dalam upaya membangun semangat kebangsaan melalui sportifitas tanpa batas. Timnas telah melakukan segala upaya yang terbaik bagi bangsa ini. Timnas sebagai aset potensial kebanggaan negeri telah memberikan banyak pembelajaran berharga bagi kita dalam kerangka kebangsaan di tengah polarisasi yang kuat akhir-akhir ini.

Timnas telah membelajari konsolidasi keberagaman dalam mencapai tujuan bersama. Timnas dengan segala potensi dan latar belakang masing-masing mampu bersinergi melupakan perbedaan untuk mencapai kebanggaan negeri.

Timnas juga telah memberikan pembelajaran semangat sportifitas bermental juara dengan segala kondisi yang dialami Timnas saat ini. Timnas mampu menyatukan energi nasionalisme untuk melawan berbagai hantaman musuh. Energi sportifitas serta kebangkitan dalam menyikapi kalah menangnya pertandingan. Timnas juga mampu memberikan pelajaran berharga tentang semangat pantang menyerah melalui jiwa patriotisme membela Merah Putih walaupun kondisinya terseok-seok, diragukan bahkan terlemahkan. Energi kebangkitan Timnas merupakan energi bangsa ini memaknai nasionalisme tanpa batas demi Indonesia Jaya.




Untuk itu, apapun yang kondisi kekalahan Timnas saat ini, tetap kita apresiasi kerja kerasnya serta terus memberikan support secara maksimal dalam momentum pembenahan olahraga terutama sepakbola untuk penguatan secara sistemik terukur dan terarah.

Mari momentum kekalahan Timnas kita sikapi lebih bijak sebagai refleksi bersama menuju kebangkitan olaraga kita.

Catatan terakhir dalam menyikapi tulisan ini bahwa cerdas itu pasti tapi dewasa bersikap itu pilihan maka bijak serta jujurlah bersikap.

#SalamPencerahan

Dipublikasikan oleh ;
CENTER STUDY REPUBLIC ENLIGHTENMENT FOR PROGRESSIVE MOVEMENT (CS REFORM)

Leave a Reply