Kantor Perwakilan Kecamatan Disulap Jadi Kantor Desa Batu Gemuk

0
198
bangunan Kantor Perwakilan Kecamatan Namorambe yang disulap jadi Kantor Desa Batu Gemuk dalam tahap renovasi.





IMANUEL SITEPU. NAMORAMBE. Kantor Perwakilan Kecamatan yang berada di Desa Batu Gemuk (Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang) disulap menjadi Kantor Desa Batu Gemuk. Menurut informasi yang diperoleh dari warga setempat [Sabtu 17/12], status bangunan kantor serta lahan tersebut merupakan asset Kecamatan Namorambe. Tanpa ada pemberitahuan kepada warga, diduga Camat dan kepala Desa Batu Gemuk telah mengubah peruntukannya menjadi kantor desa.


“Kami tidak diberitahu perubahan status ini. Yang kami tau pihak kantor desa pernah membahas dana ADD guna membangun kantor yang baru, bukan renovasi,” kata warga Desa Batu Gemuk yang enggan menyebutkan namanya kepada wartawan.

Warga menduga, dalam pembangunan kantor desa baru yang telah dianggarkan dalam Alokasi Dana Desa (ADD), telah ditelip oknum Kepala Desa dan Camat Namorambe.

“Dalam rapat yang dilakukan di desa, akan dibangun kantor desa baru. Tapi malah kantor perwakilan kecamatan yang direnovasi ringan. Itu pun kita tak tau berapa anggarannya. Soalnya, tidak ada pemberitahuan ulang terkait pengalihan tersebut. Di lokasi juga tidak ada papan proyek,” beber warga.




Seharusnya, sambung warga lainya, prosedur pengalihan fungsi lahan dan bangunan yang sebelumnya menjadi asset Kecamatan Namo Rambe harus jelas peruntukannya. Artinya, harus mendapat persetujuan DPRD Deliserdang.

“Jika begini caranya, masyarakat menduga ada yang tersembunyi dalam pembangunan kantor desa ini. Karenanya perlu dilakukan penyelidikan proses peralihannya. Bupati Deliserdang juga harus memanggil camat dan kepala desa guna menjelaskan prosesnya, ujar warga lagi.

Camat Namo Rambe Surya Harahap ketika dikonfirmasi melalui ponselnya mengaku tidak tahu menahu dengan bangunan kantor desa itu.

“Saya tidak terlibat dengan pembangunan tersebut. Jadi bukan tanggung jawab saya,” ujarnya singkat terkesan buang badan.



Leave a Reply