Pesta Durian Riau Hati Hamba Rindu

0
243





ARIPIN GINTING. PEKANBARU. Kemarin [Minggu 18/12], berlangsung Pesta Durian di Gedung Gelanggang Remaja Pekanbaru. Pesta Durian ini diselenggarakan oleh Haluan Anggota Kelompok Tani Riau Lestari Riau (HAKTRI) untuk mengukuhkan Riau menjadi penghasil durian secara nasional.

Selama ini pemasok primadona durian ke Riau adalah dari Sumatera Utara yaitu Kabupaten Dairi dengan nama Durian Sidikalang yang memiliki cita rasa dan aroma yang lebih baik dari Riau. Sedangkan durian Riau didominasi oleh durian dari Kabupaten Kampar Riau.

Namun, kali ini, durian yang digelar dengan pembelian murah mengalahkan cita rasa dan aroma dari durian Sidikalang. Ukuran sedang harganya Rp 30 ribu/ 3 buah durian (harus beli minimal 3 buah) dan ukuran seharga Rp 100 ribu/ 3 buah.

Saat ini, Pekanbaru sudah mendapat nama penghasil pancake durian dan lempuk durian yang menjadi primadona oleh-oleh orang Jakarta saat berkunjung ke Pekanbaru.

Provinsi Riau berpotensi tinggi secara nasional karena lahan sangat luas untuk ditanami. Biasanya durian ini kembangkan di desa-desa sekitar perkebunan karet dan sawit. Bahkan juga perusahan-perusahaan perkebunan sawit banyak menanam durian.

Leave a Reply