Oleh: David Super Natanail Ginting

 

Sore ini [Sabtu 31/12], saya telah terima buku tentang sejarah dari Suku Karo yakni Kerajaan “Urung Senembah”. Berawal dari oret-oretan (artikel) yang pernah dikirim impalku Jebta Bastanta Sitepu yang ditulis langsung oleh seorang bangsawan Kerajaan Urung Senembah sekaligus penyandang gelar “Raja ke-13 Urung senembah”.


Saya sangat bangga dapat memiliki buku ini. Urung Senembah yang sebelumnya tidak pernah saya dengar sama sekali dapat saya ketahui melalui group fb “Jamburta Merga Silima” dari hasil wawancara langsung impalku Jebta.




Setelah sedikit saya baca buku ini, ternyata saya baru sadar akan kebesaran kalak (Suku) Karo sedari dulu. Hal ini dapat dilihat dari isi buku ini. Dimana dituliskan juga profil dari Raja pertama sampai ke-13. Raja Urung ini sangat berpengaruh dalam pemilihan Kesultanan Deli. Ketangguhan itu juga dibuktikan dari Perang Sunggal yang menurut sejarawan T. Lukman Sinar perlawanan terhadap penjajah yang terlama di Indonesia.

Terima kasih untuk semua yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku ini.

Saya harap buku-buku sejarah tentang kerajaan Haru/ Kare/ Karo lainnya dapat bermunculan, agar penerus Kalak Karo dapat berbangga akan sejarahnya. Semoga sejarah Kembaren yang saat ini sedang disusun oleh Kembaren mergana (seperti kata mama Putra Samperaya Kembaren) dapat diterbitkan dan sangat saya nantikan.

Akhir kata
SALAM MEJUAH JUAH

Leave a Reply