Pesta Lemang Biru-biru Dipenuhi 8 Ribuan Hadirin

0
307
Mion Tarigan SE dan istri saat diberi kalung bunga oleh panitia.

 

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Perayaan Pesta Lemang ke 12 yang digelar 2 hari berturut-turut [Rabu 4/1 – Kamis 5/1] di Tanah Lapang Desa Biru-biru (Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deliserdang) berlangsung semarak. Sekira 8 ribuan warga sekitar datang dari berbagai daerah, termasuk yang berasal dari Pulau Jawa turut ikut meramaikan pesta adat Suku Karo yang digelar setiap tahun ini.

Terlihat warga sekitar sangat antusias menyaksikan pertunjukan seni budaya Suku Karo yang menampilkan 2 pasang artis perkolong-kolong dan beberapa bintang tamu seperti Tio Panta Pinem, Datuk Muda Barus, dan Itana Beru Tarigan. Akibatnya, tanah lapang yang memiliki luas sekira 2 ha tempat acara digelar, tidak dapat lagi menampung ribuan pengunjung hingga membuat penonton berdesak-desakan.

Pesta Lemang ke 12 yang juga dirangkai dengan perayaan Tahun Baru 2017 ini memang sengaja dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini bisa dibuat berbeda berkat bantuan dari Mion Tarigan SE selaku putra daerah yang merupakan pengusaha sukses di Jakarta. Dia dengan rendah hati mendanai seluruh biaya perayaan diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Selain menghadirkan puluhan artis top Karo saat ini, pentas yang dibuat terlihat sangat megah. Hal yang tidak luput dari perhatian pengunjung ketika pihak panitia melakukan Pesta Kembang Api selama 30 menit, menambah semaraknya suasana pesta lemang tersebut.

Sebagai ucapan terimakasih kepada Mion Tarigan SE serta istrinya Elisabet beru Ginting yang telah sudi mendanai seluruh perayaan pesta lemang kali ini, pihak panitia beserta tokoh masyarakat Biru-biru mengalungkan bunga kepada dirut PT PMA (Patoembak Makmur Abadi) tersebut. Bukan itu saja, pria ramah dan dermawan ini juga diberikan uis beka buluh serta piso tumbuk lada (pisau kebesaran kas Karo), dengan harapan Mion Tarigan SE beserta keluarga selalu diberikan kesehatan dan murah rejeki oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Mion Tarigan SE dalam kata sambutanya mengaku sangat bangga karena kita bisa berkumpul dengan masyarakat yang tinggal di kampung halamanya.

“Kami yang selama ini tinggal di Jakarta, sangat bangga karena dapat berkumpul di sini. Jika kita sudah berkumpul, apapun bisa kita lakukan karena kita telah bersama. Sebelumnya, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia dan masyarakat Biru-biru karena telah memberi pisau tumbuk lada serta uis beka buluh kepada saya,” ujarnya.




Pada kesempatan itu, Mion Tarigan SE cukup prihatin dengan situasi prekonomian serta buruknya infrastruktur jalan di Kecamatan Biru-biru. Oleh karena itu, Mion Tarigan SE turut menyumbangkan satu armada dump truck untuk mengangkut material guna memperbaiki jalan, serta satu mobil ambulance untuk dipergunakan bagi masyarakat Biru-biru.

“Kita warga Kecamatan Biru-biru jangan mau hanya jadi pelengkap penderita. Selaku masyarakat yang mayoritas penduduknya Suku Karo, kita harus bersatu membangun Deliserdang lebih baik,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Partai PDI Perjuangan Odlan Butar-butar, Ketua PMS (Pemuda Merga Silima) Sumut Paham Sebayang dan para undangan lainnya.




Leave a Reply