Tugu Batas Riau – Jambi Tak Terawat

0
377

 

BASTANTA P. SEMBIRING. TUAH KEMUNING (RIAU). Tugu Batas Provinsi Riau dan Provinsi Jambi di jalur Lintas Timur Sumatera kembali tampak tidak terawat. Pantauan Sora Sirulo di lokasi kemarin [Minggu 15/01], tampak banyak coretan dan goresan, serta halamannya ditumbuhi rumput liar.

Jika diperhatkan, sebagian besar coretan dan goresan itu dilakukan (dibuat) oleh pelajar. Tidak jarang dari coretan dan goresan itu tersurat nama dan asal sekolahnya, ditulis dengan pensil, pena, spidol, serta digores menggunakan koin logam ataupun kunci.

Ini sebuah fenomena di negeri ini, dimana seharusnya para pelajar yang kita yakini sebagai kaum terdidik harusnya bisa memberikan contoh yang baik dan turut menjaga, ini malah merusak. Bukan itu saja, di sekeliling tugu juga banyak sampah yang berserakan dan bagian halaman tugu yang selama ini ditumbuhi rumput Jepang kini sudah tampak semak dipenuhi oleh ilalang dan tumbuhan liar lainnya. Di sela-sela tugu juga tampak kotor dan berbau tak sedap.

Di  tahun 2016, Pemerintah Provinsi Riau telah membersihkan dan memperbaiki tugu tersebut. Sebelunya, kondisinya sangat memprihatinkan. Walaupun kondisi saat sekarang ini belum separah kondisi saat sebelum diperbaki di tahun 2016 lalu, tetapi jika dibiarkan maka pastinya akan semakin parah.

Tampaknya Pemerintah Riau perlu merencanakan sistem perawatan berkala (jika belum ada) dan penjagaan terhadap tugu tersebut dari tangan-tangan jahil. Demikian juga masyarakat setempat tampaknya perlu diedukasi agar sadar serta menjaga salah satu iconnya Jalan Lintas Timur Sumatera ini.

Selain salah satu iconnya Jalan Lintas Timur Sumatera, tugu ini juga merupakan pintu gerbang masuk ke Provinsi Riau di jalur Lintas Timur Sumatera dari Provinsi Jambi. Dilhat dari banyaknya orang yang melintas singgah di tugu ini dan mengabadikannya, bahkan tiap hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur tempat ini ramai diknjungi, baik oleh warga sekitar aptaupun orang yang kebetuan melintas kawasan ini juga sangat erotensi sebagai lokasi wisata, hanya lokasi ini perlu lebih ditata lagi agar pengunjung merasa nyaman.

Berita terkait: Tugu Batas Riau – Jambi Ramai Coretan




Leave a Reply