Update Berita Gempa Kemarin

1
210

 

JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Gempa Tektonik berkekuatan 5.6 SR yang terjadi kemarin malam [Senin 16/01] mengakibatkan kerusakan antara lain di pusat perbelanjaan Pocal Point (Jl. Ring Road Gagak Hitam) yang sebagian kacanya pecah dan atap gedung bioskop ambruk 10 menit setelah gempa. Menanggapi peristiwa gempa bumi tektonik ini, BMKG Sumut menyatakan bahwa gempa bumi ini terjadi kemarin [Senin 16/01: 19: 42: 12 WIB] dengan kedalaman 19 km, berpusat di darat 28 Km Barat Daya Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

“Gempa ini tidak menimbulkan tsunami, karena berpusat di darat dan kekuatannya tidak cukup kuat untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” demikian dilansir dari situs resmi BMKG.

Selanjutnya, situs BMKG memaparkan, dari hasil monitoring BMKG sampai 21.30 WIB, ada 13 gempa bumi susulan yang tercatat dengan magnitudo terbesar 4.3 SR. BMKG terus memonitor perkembangan gempa bumi susulan dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media massa.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan masih melakukan pendataan akibat guncangan gempa bumi.

Kepada Sora Sirulo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaiakan, hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa.

“Dilaporkan beberapa rumah mengalami kerusakan, baik di wilayah Jl. Multatuli maupun Helvetia sekitar. Tim di lapangan masih belum selesai melakukan pendataan,” ujar Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut kabar yang beredar di media sosial, listrik padam di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu. Gempa juga dirasakan di sekitar Deliserdang, Kota Binjai, Dataran Tinggi Karo hingga Tebing Tinggi. Guncangan gempa yang dirasakan ringan hingga sedang.

Diperkirakan gempa tidak berdampak pada kerusakan bangunan yang masif. Umumnya bangunan akan rusak berat jika menerima intensitas gempa di batas VI MMI.

Sebelumnya juga terjadi gempa 3.9 SR, pukul 19:13:30 WIB, dengan pusat gempa di darat pada 23 km Barat Daya Kabupaten Deliserdang dengan kedalaman 10 km.




1 COMMENT

Leave a Reply