Suplay Magma Sinabung Terus Teramati

0
158

 

NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunung Api Sinabung pada pagi tadi [Rabu 18/1] mulai mengalami penurunan aktivitas erupsi. Namun saat ini, masih teramati adanya suplay magma. Teramati dari adanya asap putih terhembus dari kawah Sinabung dan masih tingginya tingkat kegempaan yang teramati melalui Pos Pemantauan Gunung Api Sinabung saat ini.

Meskipun mulai cendrung mengalami penurunan aktivitas erupsi, Gunung Api Sinabung yang masih bersetetus awas ini masih tergolong berbahaya. Masih banyak tumpukan kubah lava di puncak gunung ini yang berpotensi terjadinya ancaman awan panas.

Sementara itu, suplay magma pun saat ini masih terus terpantau. Terlihat dari adanya asap putih tebal yang keluar dari kawah gunung teraktif di Pulau Sumatera ini. Selain itu, tingkat kegempaan juga saat ini masih terekam dan tergolong cukup tinggi. Ini teramati dari sejumlah alat diteksi gempa di Pos Pemantauan Sinabung. Masih tingginya aktivitas kegempaan menunjukan potensi erupsi disertai ancaman awan panas yang masih bisa terjadi.

PVMBG terus menghimbau agar tetap berada di Zona Aman Sinabung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.




Leave a Reply