Gadis Karo Sebagai Bidan di Pedalaman Sulawesi

0
870
Seorang pasien yang ditandu dari desa ke sebuah rumah sakit di kota sejauh 94 Km, memakan waktu selama 3 hari 2 malam.

 

SIMSON GINTING SINISUKA. KULAWI. Seorang gadis Karo bernama Kristin Nehemia Br Bukit (25) merupakan salah seorang peserta Nusantara Sehat yang diprogramkan oleh Presiden Jokowi. Dia berasal dari Desa Penen (Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deliserdang). Sebelumnya dia sudah bekerja di Jakarta, namun karena panggilan hati, dia mengikuti ujian Nusantara Sehat hingga lulus ujian.

Tanggal 29 November tahun lalu, dia ditempatkan sebagai bidan di Desa Towulu (Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah). Daerah ini merupakan daerah yang sangat terpencil. Infrastruktur belum pernah dibangun, listrik belum masuk, dan jaringan handphone pun sama sekali tidak ada.

Nehemia br Bukit di desa tempatnya bertugas.

Pada tanggal 24 Januari 2017 lalu, dia mengantar pasien rujuk ke rumah sakit yang berada di Kecamatan Kulawi. Karena daerah tersebut tidak ada kendaraan, pasien tersebut harus ditandu untuk dibawa ke rumah sakit. Jarak dari Desa ke rumah sakit sekitar 94 Km. Mereka semua harus berjalan kaki walau melewati hutan, pebukitan, dalam keadaan cuaca dingin, hujan dan jalan becek (Lihat foto head cover).

Proses perjalanan tersebut selama 3 hari 2 malam. Walau demikian, gadis Karo ini sedikitpun tidak berkurang semangatnya untuk berjuang melayani masyarakat daerah itu. Gadis Karo ini patut dijadikan inspirasi kita, khususnya kalangan muda. Dia selalu tegar, berani, peduli, dan tegas.




Leave a Reply