KAROJA: Transformasi Musik Tradisional Karo – Jawa

0
286





BASTANTA P. SEMBIRING. MEDAN. Berita-berita hoax dan fake news yang belakangan ini beredar mengisi media-media konsumsi publik yang berisi konten yang berpotensi memicu konflik, keberadaannya cukup mengganggu. Provokasi antar suku, agama, dan golongan yang terjadi telah turut menganggu ketentraman dalam kebhinekaan yang telah terjalin selama ini, namun masih saja ada pihak yang ingin merusaknya hanya karena kepentingan pribadi sesaat dan popularitas.

Merujuk dari situasi ini, Grup Sedalanen Etnik yang terlahir dengan jiwa patriotik merasa terbeban untuk menjaga kebhinekaan tetap utuh. Anak muda sebagai generasi penerus bangsa sangat begitu menikmati musik luar dan selalu mengembangkan kemampuannya untuk mempelajari, mengembangkan budaya luar, dan merasa bangga dengan apa yang telah mereka pelajari dari luar tanpa pernah memperhatikan budaya dan musik daerah mereka sendiri.

Maka dari itu, Grup Musik Sedalanen Etnik mempersembahkan sebuah pertunjukan karya seni dengan mengangkat musik tradisional Karo dan Jawa, serta tarian dari kedua suku tersebut, yakni Tari Seluk dan Tarian Kuda Lumping. Kedua tarian dari Suku Karo dan Suku Jawa tersebut yang biasanya ditampilkan dengan balutan mistis ini, oleh Sedalanen Etnik akan tampil dengan kemasan serta disajikan menjadi sebuah pertunjukan seni dan hiburan rakyat.

Acara ini akan digelar pada Senin, 04 Februari 2017, pukul 20.00 wib, bertempat di Jl. Letjen Jamin Ginting, Simpang Tuntungan (Medan). Acara ini akan diisi oleh seniman-seniman Kota Medan

“Grup Sedalanen Etnik berharap dengan pertunjukan yang bertajuk “KAROJA” ini dapat memberikan kontribusi berupa motivasi bagi masyarakat, khususnya generasa muda untuk lebih mencintai budayannya dan mau ikut mengambil bagian dalam pengemangan, baik dalam bidang musik dan bidang-bidang lainnya. Berharap kemudian dapat memicu timbulnya gagasan-gagasan positif untuk membangun daerah serta budaya dari kedua suku ini,” demikian disampaikan Jacky Raju Sembiring sebagai pemrakarsa acara ini kepada Sora Sirulo.

Leave a Reply